Dinosaurus Jurassic Berusia 200 Juta Tahun Ditemukan di Wales

dinosaurus, Dracoraptor hanigani
dinosaurus, Dracoraptor hanigani
Ilustrasi artistik Dracoraptor hanigani.(Credit: Bob Nicholls)

Bhataramedia.com – Spesies dinosaurus karnivora baru bernama Dracoraptor hanigani telah ditemukan di selatan Wales, dan mungkin merupakan dinosaurus tertua masa Jurassic dari Inggris. Hal ini menurut penelitian yang diterbitkan tanggal 20 Januari 2016 di jurnal akses terbuka PLoS ONE oleh David Martill dari Universitas Portsmouth , Inggris, dan rekan-rekannya dari National Museum Wales dan Universitas Manchester.

Para penulis studi ini yang telah menganalisis tengkorak dinosaurus dan tulang, menemukannya pada tahun 2014 di pantai dekat Penarth, Wales. Mereka menyimpulkan bahwa ini adalah spesies baru yang mereka beri nama Dracoraptor hanigani. Nama Dracoraptor berarti ‘naga perampok.’ Draco, yang berarti naga, adalah simbol nasional dari Wales. Nama spesies menghormati Nick dan Rob Hanigan, yang menemukan fosil tersebut.

Dari analisis mereka, para peneliti percaya dinosaurus ini adalah pemakan daging dari kelompok theropoda. Mereka juga menduga bahwa fosil tersebut adalah hewan juvenil, karena sebagian besar tulang belum terbentuk sepenuhnya atau menyatu. Dibandingkan dengan relatifnya yang jauh, T. rex, dinosaurus ini tampaknya berukuran kecil, hewan yang lincah, dan mungkin hanya berukuran sekitar 70 cm dan panjang sekitar 200 cm, dengan ekor panjang. Ekor yang panjang kemungkinan membantu dinosaurus baru ini untuk keseimbangan.

Dracoraptor hanigani hidup di awal Periode Jurassic (201 juta tahun yang lalu), pada saat selatan Wales adalah wilayah pesisir seperti sekarang ini. Namun, pada saat itu, iklim jauh lebih hangat, dan dinosaurus baru mulai melakukan diversifikasi. Spesimen baru ini merupakan theropoda paling lengkap dari Wales, dan mungkin dapat mewakili salah satu dinosaurus Jurassic tertua yang diketahui di Inggris atau bahkan di dunia.

Dilansir PLOS (20/01/2016) Rekan penulis Mr. Vidovic menambahkan, “Kejadian kepunahan masa Triassic-Jurassic sering ditujukan untuk keberhasilan dinosaurus melalui masa Jurassic dan Cretaceous, tetapi sebelumnya kita hanya mengetahui sedikit tentang dinosaurus pada awal diversifikasi ini dan berkembang untuk mendominasi. Sekarang kami memiliki Dracoraptor, theropoda yang relatif lengkap dari hari-hari yang sangat awal dari masa Jurassic di Wales.”

Referensi Jurnal :

David M. Martill, Steven U. Vidovic, Cindy Howells, John R. Nudds. The Oldest Jurassic Dinosaur: A Basal Neotheropod from the Hettangian of Great Britain. PLOS ONE, 2016; 11 (1): e0145713 DOI: 10.1371/journal.pone.0145713.

You May Also Like