Pengasaman Pengaruhi Kemampuan Bakteri untuk Membersihkan Lautan

Lautan
Lautan
Ilustrasi, lautan.

Bhataramedia.com – Bakteri laut sangat dipengaruhi oleh pengasaman laut yang disebabkan oleh emisi karbon dioksida manusia. Penemuan ini dibuat oleh para peneliti di Linnaeus University, Swedia, bersama-sama dengan para peneliti di Spanyol. Hasilnya disajikan di artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal Nature Climate Change.

“Telah diketahui bahwa pengasaman laut menyebabkan degradasi terumbu karang dan mengganggu produksi cangkang berkapur dari fitoplankton penting,” kata Jarone Pinhassi, profesor mikrobiologi laut di Linnaeus University, Kalmar, Swedia. “Namun, baru diketahui bahwa bakteri juga dipengaruhi secara negatif oleh pengasaman laut.”

Para peneliti di Universitas Linnaeus sekarang dapat menunjukkan bahwa bakteri di laut yang terkena pengasaman, dipaksa untuk secara signifikan mengubah metabolisme mereka, dari yang sebelumnya fokus pada degradasi menjadi ke investasi energi untuk berurusan dengan kondisi asam.

Bakteri di lautan kita memainkan peran penting dalam siklus global dari elemen yang diperlukan untuk kehidupan.

Bakteri bertindak terutama sebagai pendegradasi bahan organik yang dihasilkan oleh ganggang mikroskopis di laut, atau material yang dirilis melalui air limbah. Ketika ganggang atau organisme lain mati dan terdegradasi oleh bakteri, organisme ini berfungsi sebagai pabrik pengolahan air limbah laut. Pada saat yang sama, bakteri membantu pelepasan nutrisi seperti nitrogen dan fosfor, yang penting untuk rantai makanan.

Diperkirakan bahwa lautan dunia akan menjadi tiga kali lebih asam menjelang akhir abad ini jika emisi karbon dioksida dari pembakaran bahan bakar fosil terus pada tingkat saat ini.

“Secara umum telah diasumsikan bahwa peningkatan konsentrasi karbon dioksida di dalam air dan pengasaman laut ini, terutama akan mempengaruhi produksi ekosistem laut dengan mempengaruhi fotosintesis alga,” kata Jarone Pinhassi. “Sekarang analisis genetik kami menunjukkan bahwa pengasaman laut secara langsung mempengaruhi bagaimana bakteri mengatur metabolisme mereka.”

Pada setiap liter air laut ada sekitar 1 miliar sel bakteri. Pada cara yang mirip dengan bagaimana mikrobiota usus penting untuk kesejahteraan manusia, bakteri di lautan kita memainkan peran penting dalam menentukan kesehatan ekosistem laut. Misalnya, bakteri mensintesis vitamin yang dibutuhkan oleh ganggang dan organisme lain di lautan.

“Agar dapat memahami konsekuensi dari perubahan iklim di masa depan terhadapproduktivitas lautan, penting untuk melakukan penelitian tentang bagaimana bakteri menanggapi emisi karbon dioksida dari manusia,” kata Jarone Pinhassi.

“Mungkin kita bahkan dapat belajar bagaimana untuk mengambil keuntungan dari adaptasi genetik bakteri laut, dalam rangka untuk membuat penggunaan yang lebih baik dari sumber daya planet kita,”ungkap Jarone Pinhassi, seperti dilansir Expertsvar (12/01/2016).

Referensi Jurnal :

Carina Bunse, Daniel Lundin, Christofer M. G. Karlsson, Maria Vila-Costa, Joakim Palovaara, Neelam Akram, Lovisa Svensson, Karin Holmfeldt, José M. González, Eva Calvo, Carles Pelejero, Cèlia Marrasé, Mark Dopson, Josep M. Gasol, Jarone Pinhassi. Response of marine bacterioplankton pH homeostasis gene expression to elevated CO2. Nature Climate Change, 2016; DOI: 10.1038/nclimate2914.

You May Also Like