virus ebola
Scanning mikrograf elektron berwarna dari filamen partikel virus Ebola (hijau) yang melekat pada sel VERO E6 (biru) (25,000x perbesaran). (Credit: NIAID)

Ebola : Fakta-Fakta yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada

Bhataramedia.com –┬áBerikut adalah beberapa fakta mengenai bagaimana Ebola menyebar :

KAPAN EBOLA MENULAR?

Ebola dapat menular melalui seseorang hanya ketika orang tersebut menunjukkan gejala-gejala yang dapat dimulai dengan gejala samar-samar seperti demam, nyeri tubuh dan sakit perut seperti terserang flu dan kemudian mengalami muntah dan diare.

BAGAIMANA EBOLA MENYEBAR?

Virus Ebola menyebar melalui kontak dekat dengan cairan tubuh orang yang bergejala, seperti darah, keringat, muntah, tinja, urin, saliva atau air mani. Cairan tersebut harus memiliki pintu masuk, seperti melewati luka atau seseorang menyentuh hidung, mulut atau mata dengan tangan yang terkontaminasi. Itu sebabnya petugas kesehatan memakai sarung tangan pelindung dan peralatan lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan darah, tinja dan muntah adalah cairan yang paling menular. Sementara itu, virus yang ada di dalam air liur sebagian besar ditemukan pada pasien yang sudah sakit parah dan virus hidup tidak pernah diambil dari keringat.

BAGAIMANA DENGAN KONTAK YANG LEBIH UMUM?

Ebola tidak menyebar melalui udara. Dr. Tom Frieden, direktur Centers for Disease Control and Prevention, mengatakan bahwa orang tidak akan tertular dengan duduk di samping seseorang yang sudah terjangkit Ebola.

“Ebola tidak seperti flu dan campak. Ebola tidak menyebar dan menular seperti kondisi tersebut,” tambahnya.

APAKAH ANJING DAPAT MENYEBARKAN EBOLA?

Tidak ada yang tahu. Pihak berwenang menyuntik mati anjing peliharaan milik seorang asisten perawat dari Spanyol yang terjangkit Ebola saat merawat pasien di sana. Tidak ada kasus Ebola yang menyebar di antara anjing dan orang-orang yang pernah didokumentasikan. Tapi setidaknya satu studi menunjukkan anjing kemungkinan dapat memiliki Ebola tanpa menunjukkan gejala-gejala tertentu.

BAGAIMANA CARA MEMATIKAN EBOLA?

CDC mengatakan bahwa pemutih dan disinfektan rumah sakit dapat membunuh Ebola. Virus yang telah mengering pada permukaan hanya dapat bertahan selama beberapa jam.