obat tradisional, jahe, jeruk nipis
Ilustrasi.

Obat-Obatan Tradisional untuk Mengatasi Batuk

Diposting pada
obat tradisional, jahe, jeruk nipis
Ilustrasi.

Bhataramedia.com –┬áProduk obat batuk memang tersedia banyak di apotek-apotek terdekat. Akan tetapi, sebelum melangkahkan kaki membeli produk obat batuk tersebut kenapa tidak memanfaatkan bahan-bahan herbal alami yang ada disekitar Anda untuk dibuat sebagai ramuan tradisional yang bisa mengatasi batuk. Walaupun dibuat dengan bahan-bahan herbal yang murah, sederhana dan mudah diperoleh, ramuan tradisional ini tak kalah ampuhnya dengan produk obat batuk yang dijual di apotek.

Apalagi ramuan tradisional ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh produk obat batuk yang ada dipasaran. Kelebihannya terletak pada bahan herbal alami yang digunakannya. Tidak seperti produk obat batuk biasa yang mengandung berbagai zat kimia dan juga pengawet, ramuan tradisional bebas dari kandungan zat kimia dan juga kandungan zat pengawet tersebut. Sehingga ramuan tradisional ini lebih aman untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang mudah dibuat dalam mengobati batuk yang mendera.

1). Ramuan Jahe

Jahe tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja. Beberapa daerah di Indonesia bahkan mengolah jahe menjadi panganan lain yang enak. Misalnya saja minuman wedang jahe yang segar dan menghangatkan tubuh atau permen jahe yang memiliki rasa manis dan hangat. Tidak hanya diolah untuk panganan saja, masyarakat Indonesia sudah lama memanfaatkan jahe untuk mengatasi batuk yakni dengan membuat ramuan tradisional dari jahe.
Cara membuat ramuan tradisional yang satu ini terbilang sangat mudah. Bahkan ramuan tradisional ini tak terlihat seperti obat tradisional pada umumnya. Hal ini karena cara pengolahannya yang dibuat seperti minuman biasa. Yaitu cukup dengan mengiris beberapa ruas jahe yang sudah dibersihkan. Kemudian irisan jahe tersebut dicampurkan dengan air teh yang masih hangat. Konsumsi air teh berisi irisan jahe tersebut selagi hangat. Dua sampai tiga gelas teh jahe ini dipercaya dapat mengobati batuk terutama batuk berdahak.

2). Asam Jawa

Asam jawa yang memiliki rasa masam yang menyegarkan ini sama seperti jahe yakni diolah sebagai bumbu dapur. Tapi ternyata asam jawa pun bisa digunakan untuk mengobati batuk. Cara mengolah ramuan tradisional dari asam jawa ini yaitu dengan menyediakan daging asam jawa secukupnya. Lalu masukkan asam jawa yang sudah disiapkan ke dalam gelas. Tambahkan air panas ke dalam gelas berisi asam jawa tersebut. Aduklah hingga asam jawa hancur dan tercampur rata dengan air. Bila tidak kuat dengan rasa masam dari asam jawa ini, bisa ditambahkan sedikit gula merah.

3). Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki rasa masam dan sedikit kecut. Akan tetapi, walaupun rasanya seperti itu jeruk nipis sangat efektif digunakan sebagai ramuan tradisional yang dapat mengatasi batuk. Caranya pun tidaklah sulit, satu buah jeruk nipis dibelah kemudian diperas. Lalu perasan tersebut diberi sedikit kecap.