menstruasi, nyeri haid
Ilustrasi.

Jenis-Jenis Gangguan Menstruasi Pada Wanita

Diposting pada
menstruasi, nyeri haid
Ilustrasi.

Bhataramedia.com –┬áSeorang wanita memang secara kodratnya akan mengalami fase menstruasi. Fase menstruasi ini akan ada setiap bulannya dengan jangka waktu yang bervariatif. Akan tetapi, ada beberapa kondisi dimana seorang wanita mengalami gangguan dalam fase menstruasi ini. Salah satu gangguan yang bisa langsung diperhatikan yaitu lama waktu haid pada setiap fasenya. Normalnya haid akan berlangsung secara teratur, jika terjadi secara tidak teratur maka jangka waktu normal terjadinya menstruasi berlangsung antara jarak 21 hari atau bisa lebih dari 3 bulan, tetapi Anda perlu waspada jika waktu menstruasi Anda lebih lama atau lebih dari 10 hari.

Ada beberapa jenis gangguan yang terjadi pada haid, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1). Amenore

Amenore yaitu keadaan dimana seorang wanita berumur 15 tahun masih belum mengalami menstruasi, atau dalam waktu 3 bulan berhenti datang bulan.

2). PMS

Jenis gangguan selanjutnya dinamakan PMS atau sebuah gejala pramenstruasi. Gangguan ini terjadi biasanya hampir 2 minggu sebelum menstruasi akan dimulai. Ciri-ciri dari PMS ini yaitu rasa mudah tersinggung, emosi yang tidak stabil, tidak bisa tidur, kepala terasa sakit, perut terasa seperti kembung atau bisa juga kram.

3). Dismenore

Gangguan jenis lainnya yaitu Dismenore, nyeri yang terjadi pada awal menstruasi datang yang biasa terjadi selama satu sampai dengan dua hari. Gangguan ini bisa mengakibatkan sakit pada pinggang, kram dibagian perut atau juga merasa sakit pada paha. Masalah haid jenis ini bisa diatasi dengan obat peredam sakit, melakukan olahraga yang rutin, mengompres pada bagian yang sakit dengan air panas, dan juga bisa dikurangi rasa sakitnya dengan mandi menggunakan air hangat.

4). Menoragia

Selanjutnya gangguan yang dinamakan menoragia. Keadaan dimana seorang wanita mengalami menstruasi dengan waktu yang lama atau lebih dari 7 hari pendarahan. Gangguan ini bisa dikarenakan oleh penyakit radang, atau gangguan tiroid bisa juga karena infeksi pada vagina. Jika terjadi gangguan pendarahan seperti ini, maka perlu diperhatikan gejala yang muncul pada setiap jenis gangguannya.

Itulah beberapa gangguan yang terjadi pada fase menstruasi. Dengan mengetahui jenis dari masalahnya, masalah ketidaklancaran pada menstruasi bisa dikurangi atau ditanggulangi dengan perawatan medis yang tepat.