Kenali dan Pahami Ciri-Ciri Anak Indigo

anak, bosan, sendiri, melamun
anak, bosan, sendiri, melamun
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Anak indigo selalu identik dengan kemampuan bisa melihat apa yang akan terjadi pada yang akan datang. Sebenarnya, ciri anak indigo tidak bisa disimpulkan sebagai anak yang mempunyai kemampuan melihat masa depan, akan tetapi anak yang mempunyai kelebihan, serta perkembangan kecerdasan diluar dari lazimnya anak seusia mereka. Memiliki kelebihan yang mungkin untuk sebagian orang sangat menyenangkan. Seperti halnya kepintaran, pasti setiap orang menginginkannya.

Istilah indigo dicetuskan pada tahun 1970-an dimana Nancy Ann Tappe ahli aura menemukan sebuah aura atau warna kehidupan dari seorang anak yang umumnya dimiliki oleh orang dewasa. Ini juga yang menyebabkan kebanyakan anak indigo yang masih berusia kanak-kanak nampak jauh lebih dewasa secara karakter dan pemikirannya dibandingkan anak yang lain.

Terdapat beberapa ciri-ciri anak indigo yang bisa dengan mudah diperhatikan. Pertama, anak indigo mempunyai tingkat kedewasaan yang sangat jauh dari usianya. Sehingga, pada usia dini anak indigo bisa memahami hal-hal yang umumnya dipahami ketika menginjak dewasa. Kedewasaan ini juga tidak hanya pada karakter tetapi juga terbawa pada perkembangan fisik. Perkembangan fisik anak indigo jauh lebih cepat seperti pertumbuhan gigi, kemampuan berbicara juga berjalan yang berkembang pesat dibandingkan usianya. Kedua,  mayoritas anak indigo memiliki IQ di atas rata-rata serta kemampuan berbahasa.

Pada beberapa kasus ditemukan anak indigo bisa menguasai bahasa asing dengan fasih misalnya Bahasa Inggris, sekalipun lingkungan keluarganya memakai Bahasa Indonesia. Seperti salah satu contohnya yaitu Anisa Rania Putri yang fasih berbahasa inggris dan sudah menjadi dosen di usianya yang masih anak-anak.

Karena kepintaran, pemikiran yang dewasa serta pemahaman dalam tentang dirinya sendiri, kebanyakan anak indigo merasa tidak nyaman dengan lingkungan usianya sendiri dan beberapa orang menolak untuk patuh pada peraturan yang ada. Seperti yang dikemukakan oleh Tober and Carrol yang dikutip dari wikipedia menyatakan, ketidak patuhan ini muncul karena anak indigo mempunyai kematangan spiritual dan kecerdasan yang mungkin jauh dibandingkan guru mereka sendiri.

Ciri yang ketiga yaitu ciri fisik yang dapat dilihat dari bentuk kepala serta telinga. Salah satu akun di kaskus menjelaskan karakteristik anak indigo berdasarkan penjelasan dari sebuah buku menyatakan, bahwa anak indigo mempunyai ukuran kepala yang jauh lebih lebar. Selain itu bentuk telinga yang agak melebar keluar dan seperti meruncing pada bagian ujung atas tetapi menekuk ke atas di bagian cuping bawahnya. Ciri yang terakhir, beberapa anak indigo mempunyai tanda lahir yang berbeda-beda dari tanda lahir yang umumnya anak lain miliki.

Bagaimanapun anak indigo berkembang dengan kemampuannya, orangtua tetap harus bisa mengarahkan karakter anak indigo menjadi anak yang baik. Sehingga, kecerdasan dan kelebihannya bisa di salurkan pada hal-hal yang bermanfaat dan baik untuk dirinya serta bisa membantu sekitarnya.

You May Also Like