Ajari Anak dengan Doa Sejak Dini

berdoa, anak
berdoa, anak
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Setiap agama mengajarkan umatnya untuk berdoa. Tujuan dari berdoa tak lain adalah mendekatkan diri dengan Tuhan. Oleh karena, sebagai orang tua wajib mengajarkan anak-anaknya selalu mendekatkan diri dengan Tuhan sejak mereka masih kecil. Bahkan di dalam ketika mereka masih berada dalam kandungan pun hendaknya orang tua rajin berdoa untuk kesehatan dan keselamatan kandungannya tersebut.

Ketika mereka balita, orang tua bisa memulai mengajari anak-anaknya berdoa dengan mencontohkan cara berdoa kepada mereka. Jangan paksakan mereka untuk menghapal doa-doa tersebut. Cukup saja dengan mempraktekkan cara berdoa yang benar pada setiap kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya saja, ketika hendak makan Anda sebagai orang tua membacakan doa dengan khidmat seraya kedua tangan menengadah ke atas dan kepala yang menunduk ke bawah. Lalu bacakan doa tersebut dengan suara yang lantang dan jelas. Sehingga anak-anak dapat mengikuti doa yang Anda bacakan. Walaupun mereka hanya mengikuti gerak bibir Anda saja. Namun, bila kebiasaan ini terus dilakukan dengan sendirinya anak-anak Anda akan hapal doa-doa tersebut.

Saat anak-anak memasuki usia sekolah, Anda bisa menuntut anak-anak Anda untuk menghapal doa-doa tersebut. Karena kini mereka sudah lebih pandai dan mampu menghapal doa-doa tersebut. Tentunya Anda bisa membimbing mereka secara langsung. Tentukan metode menghapal doa yang menarik agar anak-anak Anda bersemangat dalam menghapal doa tersebut.

Misalnya saja menghapal doa sambil bermain atau menghapal doa sambil bernyanyi. Jadi, doa-doa tersebut dinyanyikan agar mudah untuk dihapal dan ingat oleh anak-anak Anda. Akan tetapi, mengajarkan mereka berdoa pun harus sesuai dengan mood mereka. Jangan paksakan mereka untuk belajar berdoa bila mereka sedang dalam mood yang tidak bagus. Sebaliknya, Anda sebagai orang tua harus mampu membuat mood mereka kembali ceria lagi untuk belajar berdoa bersama Anda. Suasana yang nyaman dan sikap Anda yang lembut serta penuh kasih sayang adalah salah satu cara untuk membuat mereka kembali bersemangat lagi dalam menghapal doa-doa.

You May Also Like