pemanasan, peregangan
Ilustrasi.

Inilah Pentingnya dan Tips Melakukan Pemanasan !

Diposting pada

Bhataramedia.com – Karena terburu-buru dan tidak ingin memotong waktu olahraga, banyak orang yang melewatkan waktu pemanasan, atau melakukan pemanasan secara singkat. Padahal, pemanasan dan juga pendinginan penting untuk mencegah cedera serta kram dan pegal pasca-olahraga.

Karena pada awalnya setiap otot-otot tubuh kita dalam keadaan dingin dan kaku, setelah lama tak dipakai untuk berolahraga. Nah, pemanasan yang cukup penting untuk mempersiapkan tubuh untuk dipakai bergerak, otot pun jadi lebih fleksibel. Pemanasan selama 5-10 menit sebenarnya sudah cukup sebelum melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan. Sementara itu, untuk olahraga yang lebih berat, lakukan pemanasan sekitar 10-15 menit.

dr. Michael Triangto, spesialis kedokteran olahraga, menyatakan bahwa pemanasan dan peregangan sebaiknya dilakukan dalam kapasitas yang ringan. “Kalau pemanasannya berlebihan justru malahan menyebabkan cedera sendi,” Tambahnya, seperti dilansir Kompas (4/10/2014).

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan pemanasan yang benar yaitu : meningkatkan suhu tubuh, menaikkan aliran darah dan denyut jantung untuk mempersiapkan bekerjanya sistem jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi adanya kram dan pegal pada otot.

Selain pemanasan, jangan lupa melakukan pendinginan yang bertujuan untuk menormalkan kembali aliran darah. Mengabaikan pendinginan akan berisiko menyebabkan kram otot. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kram otot diantaranya adalah penggunaan otot yang berlebihan, dehidrasi, otot teregang, atau berada pada satu posisi untuk waktu lama. Atlet yang terlalu lelah dan mengalami dehidrasi ketika berolahraga saat udara panas juga kerap mengalami kram otot.