Melestarikan Sel-Sel Fotoreseptor Setelah Cedera Retina

retina, sel fotoreseptor
retina, sel fotoreseptor
Para peneliti Mass. Eye and Ear/HMS menemukan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam sistem kekebalan tubuh ‘ jalur pelengkap alternatif ‘ setelah ablasi retina dan bahwa jalur ini memfasilitasi kematian sel fotoreseptor dini setelah cedera. Selain itu, dengan menghalangi jalur komplemen alternatif, baik melalui sarana genetik dan farmakologis, fotoreseptor terlindungi dari kematian sel.(Credit: Connor Lab, Mass. Eye and Ear/HMS Ophthalmology)

Bhataramedia.com – Peneliti mata di Massachusetts Eye dan Ear / Harvard Medical School (HMS Department of Ophthalmology, telah mengambil langkah pertama untuk memecahkan masalah mengenai bagaimana melestarikan sel fotoreseptor dan menghindari kehilangan penglihatan ireversibel pada pasien setelah ablasi retina.

Degenerasi fotoreseptor, sel-sel utama penerima cahaya di mata, adalah penyebab utama kehilangan penglihatan di seluruh dunia. Mengidentifikasi penyebab seputar kematian sel fotoreseptor sangat penting untuk mengembangkan strategi pengobatan baru untuk mencegah kehilangan sel ini. Ablasi retina dan degenerasi selanjutnya dari retina dapat menyebabkan penurunan penglihatan progresif karena kematian sel fotoreseptor. Oleh karena fotoreseptor adalah sel yang tidak dapat membelah, kehilangan sel ini menghasilkan rusaknya penglihatan yang ireversibel, bahkan setelah sukses menjalani operasi retina.

Penelitian baru yang dipimpin oleh Kip M. Connor, Ph.D., seorang peneliti dan Asisten Profesor of Ophthalmology di Mass. Eye and Ear/HMS Ophthalmology dan rekan-rekannya menganalisis regulator sistem kekebalan tubuh bawaan di mata pasien manusia dengan ablasi retina. Mereka kemudian mengkorelasikan temuan mereka pada model eksperimental. Mereka menemukan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam ‘jalur pelengkap alternatif sistem kekebalan tubuh’, setelah ablasi retina dan bahwa jalur ini memfasilitasi kematian awal sel fotoreseptor setelah cedera.

Fotoreseptor yang terluka kehilangan protein penting yang biasanya melindungi mereka dari kematian sel, sehingga memungkinkan untuk penargetan selektif oleh jalur komplemen alternatif. Selain itu, dengan menghalangi jalur komplemen alternatif, baik melalui sarana genetik dan farmakologis, fotoreseptor terlindungi dari kematian sel. “Ketika fotoreseptor di retina telah dihilangkan dari sumber oksigen dan nutrisi, kami menemukan peningkatan faktor pelengkap B, suatu mediator kunci dari jalur komplemen alternatif yang mengarah ke kematian sel fotoreseptor,” kata Dr. Connor, seperti dilansir Massachusetts Eye And Ear Infirmary (22/07/2015).

“Untuk pertama kalinya hasil ini memberikan bukti bahwa jalur komplemen alternatif memperburuk kematian sel fotoreseptor dan bahwa penghambatan jalur ini bersifat sebagai pelindung sel fotoreseptor,” kata Kaylee Smith, anggota dari Connor Lab dan penulis yang berkontribusi pada naskah ilmiah tersebut. Temuan mereka diterbitkan di jurnal Science Translational Medicine.

Ablasi retina dapat terjadi sebagai akibat dari trauma akibat benda tumpul atau sebagai efek samping dari berbagai penyakit mata, termasuk retinopati diabetes, tumor mata dan degenerasi makula terkait usia. Standar perawatan saat ini adalah bedah, pasien di Amerika Serikat dan Eropa biasanya diobati dalam waktu satu minggu dari cedera.

Teknik bedah paling canggih yang ada saat ini sangat efektif untuk memasang kembali retina, dan jika operasi yang dilakukan tepat waktu, hasil visual yang positif sering terjadi. Meski begitu, pasien sering mengeluh kehilangan penglihatan permanen disertai dengan perubahan penglihatan warna.

“Studi pada model manusia dan hewan telah menunjukkan bahwa kematian sel fotoreseptor diinduksi sedini mungkin 12 jam setelah ablasi retina, menunjukkan bahwa intervensi dini berpotensi melestarikan fotoreseptor dan meningkatkan fungsi visual pasien yang menjalani operasi pemasangan retina ulang. Penelitian kami memberikan peran baru untuk pelengkap pada ablasi retina, dan menunjukkan bahwa penghambatan jalur komplemen alternatif, kemungkinan merupakan target terapi yang baik untuk mencegah hilangnya sel fotoreseptor dini,” tutur Dr. Connor.

“Apa yang membuat penelitian ini begitu menarik adalah dampak potensial yang dapat terjadi pada pasien kami,” tambahnya. “Bekerja sama dengan rekan-rekan kami di klinik, kami mengidentifikasi masalah yang menantang, kembali ke laboratorium untuk mengungkap penyebab dan sekarang memiliki pengetahuan yang dapat membantu kita untuk mengembangkan terapi yang akan membantu melestarikan penglihatan pasien kami.”

Referensi Jurnal :

Kip Connor et al. Inhibition of the alternative complement pathway preserves photoreceptors after retinal injury. Science Translational Medicine, July 2015 DOI: 10.1126/scitranslmed.aab1482.

You May Also Like