Categories: Health

Teliti Gen Penyebab Demam Tifoid, Nataniel Tandirogang Terima Gelar Doktor

Teliti Demam Tifoid, Nataniel Tandirogang Raih gelar Doktor.(Credit: ugm.ac.id)

Bhataramedia.com – Dosen Universitas Mulawarman, Nataniel Tandirogang ini dapatkan gelar doktornya setelah melakukan sidang disertasi yang diadakan di Universitas Gajah Mada, pada Senin (29/6/2015) di Fakultas Kedokteran.

Menurut Nataniel, saat ini demam tifoid sangat mengkhawatirkan. “Penyakit ini dapat ditemui sepanjang tahun dengan angka kesakitan pertahun mencapai 157 per seratus ribu populasi pada daerah semi rural, dan 810 per seratus ribu pada daerah urban dan cenderung meningkat tiap tahunnya,” katanya seperti yang dilansir situs resmi UGM.

Demam tifoid itu sendiri disebabkan oleh Salmonella enterica serovar Typhi (S. typhi) masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di dunia, khususnya di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. World Health Organization memperkirakan terdapat 17 juta kasus demam tifoid di seluruh dunia dengan insiden 600 ribu kasus kematian tiap tahun.

Sementara itu, di negara-negara dengan status endemis demam tifoid sebanyak 95 persen merupakan kasus rawat jalan, sehingga insiden yang sesungguhnya 15 – 25 kali lebih besar dari laporan rawat inap rumah sakit. Di Indonesia, insiden demam tifoid masih tinggi, bahkan menempati urutan ketiga diantara negara-negara di dunia.

Dosen asli Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman menjelaskan, berdasarkan riset kesehatan dasar yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Depkes pada tahun 2007 di temukan prevalensi penderita demam tifoid sebesar 1,6 persen.

Related Post

Sedangkan di Kalimantan Timur tidak ada data yang akurat yang menunjukkan insiden demam tifoid, tetapi berdasarkan sensus kesehatan dasar yang dilakukan oleh litbangkes Depkes pada tahun 2007 menunjukkan prevalensi kasus demam tifoid sebesar 1,8 persen dan termasuk 12 provinsi dengan insiden tifoid diatas angka nasional.

“Demikian halnya di Kabupaten Kutai Barat, berdasarkan laporan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Depkes tahun 2009, prevalensi demam tifoid sebesar 1,3 persen. Karena itu penelitian dalam desertasi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kekerabatan S. typhi dan pola penyebarannya di Kutai Barat. Mengetahui keberadaan gen pengkode flagellin S. typhi dan penyebarannya di Kutai Barat, dan mengetahui motilitas S. typhi secara in vitro berdasarkan gen pengkode flagellin yang dimilikinya dan pengaruhnya terhadap kejadian melena pada penderita demam tifoid di Kutai Barat”, tambah Nataniel, seperti dilansir situs resmi UGM (29/06/2015).

Hasil penelitiannya memperlihatkan biodiversitas genetik juga terjadi pada gen flagellin di Kutai Barat, yaitu dengan ditemukannya 3 variasi gen pengkode yakni fliC d, fliBz66 dan Z66Ind. Dua yang terakhir tidak lazim ditemukan di negara lain.

Bahwa variasi keberadaan gen pengkode flagellin ini melengkapi informasi sebelumnya yang juga telah dilakukan di beberapa kota besar di indonesia, seperti di Jakarta, Yogyakarta, Palembang, Surabaya dan Makassar dan Palu.

“Dengan gen fliC d memberi kemungkinan 9.2x lebih banyak menyebabkan melena pada penderita demam tifoid bila dibandingkan dengan S. typhi yang memiliki gen fliBz66 dan 17.5x lebih banyak bila dibandingkan S. typhi dengan gen z66Ind”, pungkas Nataniel.

Dimas Fandi Praditya

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago