Categories: Headlines

Ingin Turunkan Berat Badan? Lakukan Diet Vegetarian

Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Orang-orang yang melakukan diet vegetarian, terutama yang tidak mencakup produk hewani, memiliki hasil pengurangan berat yang lebih baik daripada pelaku diet jenis lainnya. Bahkan, mereka dapat kehilangan sekitar dua kilogram lebih banyak pada jangka pendek.

Peneliti Ru-Yi Huang dari E-Da Hospital di Taiwan menyimpulkan hasil tersebut setelah meninjau hasil uji coba dari dua belas jenis diet. Temuan ini muncul di Journal of General Internal Medicine, yang diterbitkan oleh Springer.

Ulasan Huang termasuk dua belas uji coba terkontrol secara acak, yang melibatkan 1.151 pelaku diet yang mengikuti pola makan tertentu ntara sembilan dan 74 minggu. Ini adalah studi pertama untuk menggabungkan temuan dari berbagai penelitian independen yang mengunggulkan hasil diet vegetarian terhadap rencana makan lainnya. Rencana lainnya tersebut termasuk diet Atkins dan diet yang direkomendasikan oleh American Diabetes Association atau US National Cholesterol Education Program.

Secara keseluruhan, individu yang ditugaskan untuk kelompok diet vegetarian kehilangan berat secara signifikan lebih banyak (sekitar 2,02 kilogram), daripada pelaku diet yang makan daging dan produk hewani lainnya. Vegetarian yang mengikuti diet vegan bahkan kehilangan lebih banyak berat.

Secara relatif, mereka kehilangan sekitar 2,52 kilogram lebih banyak daripada pelaku diet non-vegetarian. Vegetarian yang mengkonsumsi produk susu dan telur kehilangan sekitar 1,48 kilogram lebih banyak, daripada mereka dengan diet non-vegetarian.

Orang-orang pengikut diet vegetarian yang meresepkan asupan kalori yang lebih rendah dari normal (disebut pembatasan energi), juga lebih banyak kehilangan berat badan, dibandingkan orang-orang yang tidak melakukan pembatasan kalori pada kebiasaan makan mereka.

Related Post

Menurut Huang, konsumsi biji-bijian, buah-buahan dan sayuran yang berlimpah, kemungkinan memainkan peran dalam hasil menguntungkan yang terlihat pada diet vegetarian. Produk sayuran dan gandum umumnya memiliki nilai indeks glikemik rendah dan tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat tajam.

Buah kaya akan serat, antioksidan, mineral dan bahan kimia pelindung alami. Produk gandum mengandung serat yang larut. Serat jenis ini membantu untuk menunda kecepatan makanan meninggalkan lambung dan memastikan pencernaan yang baik. Serat ini juga memungkinkan cukup nutrisi untuk diserap sementara makanan bergerak melalui usus. Beberapa penelitian telah melaporkan bahwa konsumsi serat membantu penurunan berat badan.

“Diet vegetarian lebih efektif daripada diet non-vegetarian untuk menurunkan berat badan,” kata Huang, seperti dilansir Springer Science+Business Media (30/06/2015).

Dia juga menambahkan bahwa uji coba intervensi jangka panjang diperlukan untuk mengetahui pengaruh diet vegetarian pada kontrol berat badan dan risiko kardio-metabolik.

Referensi Jurnal : 

Huang, R-H. et al. Vegetarian Diets and Weight Reduction: a Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. Journal of General Internal Medicine, June 2015 DOI: 10.1007/s11606-015-3390-7.

Nur Insana Imaniar

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago