Obat-Obatan Herbal untuk Ambeien

ambeien, wasir
ambeien, wasir
Gambar yang menunjukkan anatomi wasir internal dan eksternal.(Credit: WikipedianProlific and Mikael Häggström, via Wikimedia Commons)

Bhataramedia.com – Ambeien atau wasir adalah suatu kondisi dimana terjadinya pembengkakan pembuluh darah disekitar anus. Salah satu ciri orang yang menderita sakit ambeien adalah buang air besar disertai keluarnya darah. Kebanyakan orang malu mengakui dirinya tengah menderita sakit ambeien. Bahkan mereka tidak mengobati sakit ambeiennya karena rasa malu untuk berobat.
Berikut ini ada beberapa jenis obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati ambeien. Obat tradisional ini bisa menjadi alternatif pengobatan bagi mereka yang malu untuk berobat ke dokter.

1. Sosor Bebek

Sosor bebek merupakan bahan herbal pertama yang dapat digunakan untuk membuat obat tradisional yang berkhasiat dalam mengobati ambeien. Zat-zat alami dan berkhasiat di dalam sosor bebek ini dapat mengatasi ambeien secara bertahap, dimulai dari mengurangi pembengkakan pembuluh darah disekitar anus sampai menghentikan pendarahan yang terjadi.

Adapun proses pembuatannya yakni, pertama menyediakan lima puluh lembar daun sosor bebek yang sudah dicuci bersih. Kedua, daun sosor bebek tersebut dikeringkan dibawah sinar matahari. Ketiga, daun sosor bebek yang sudah dikeringkan lalu ditumbuk sampai benar-benar halus. Proses pembuatan obat tradisional dari daun sosor bebek telah selesai. Cara mengkonsumsinya yakni dengan mengambil satu sendok daun sosor bebek yang telah ditumbuk. Lalu diseduh dengan menggunakan air hangat. Agar rasanya lebih nikmat bisa ditambahkan sedikit madu. Dan minumlah selagi masih hangat. Konsumsi obat tradisional ini tiga kali dalam sehari untuk hasil yang efektif.

2. Daun Sirsak

Pohon sirsak tak hanya dapat dimanfaatkan bagian buahnya saja, yakni buah sirsak. Namun bagian pohon lainnya seperti daun pun dapat dimanfaatkan untuk membuat obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya untuk mengobati penyakit ambeien.

Prosesnya yaitu dimulai dari pemilihan daun sirsak yang masih muda dan ambillah sebanyak sepuluh lembar. Lalu daun sirsak tersebut direbus dalam tiga gelas air matang. Tunggu sampai warna air berubah dan air rebusan menjadi berkurang sampai satu gelas. Setelah itu, air rebusan daun sirsak ini tinggal diminum saja. Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit ambeien.

You May Also Like