belajar, membaca
Belajar.

5 Tips Agar Belajar Lebih Menyenangkan

Diposting pada
belajar, membaca
Belajar.

Bhataramedia.com –┬áBelajar bagi sebagian pelajar mungkin akan membosankan. Karena yang ditemui itu-itu saja. Tentu bagi orang tua ini akan miris, mengapa anak-anak kita kurang bersemangat dalam belajar. Namun tidak perlu khawatir belajar bakal membosankan lagi, karena kali ini Bhataramedia.com akan membagikan tips bagaimana agar belajar menjadi lebih menyenangkan. Berikut tipsnya :

1. Cari Sisi Menariknya

Setiap pelajaran pasti memiliki sisi menariknya. Entah dimana, letaknya bagi setiap orang pasti berbeda-beda. Mulailah belajar dari bagian yang dianggap menarik.

Karena langkah awal sangatlah menentukan. Seperti saya yang langsung ‘bete’ dengan kimia ketika ulangan harian pertama saya mendapat nilai sangat jelek. Buatlah kesan pertama belajar anda menyenangkan, maka setelahnya akan lebih mudah.

2. Hubungkan dengan Hobi

Setiap orang pasti punya hobi. Aktivitas yang membuat anda senang bahkan dianggap sebagai hiburan. Nah, Kuncinya adalah bagaimana anda membuat hobi anda sebagai sarana belajar. Kita bisa menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, membaca majalah berbahasa inggris, diskusi online di forum atau facebook, jalan-jalan sambil memperhatikan tingkah manusia dan menghubungkannya dengan teori-teori psikologi dan sosiologi, dll. Jadikan menjadi hiburan yang mendidik atau pendidikan yang menghibur.

3. Jadikan Sebagai Syarat Menggapai Cita-Cita

Cita-cita itu seperti pom bensin. Dia akan mengisi tangki motivasi ketika kita mulai lelah dan tak bersemangat. Kekuatan cita-cita juga akan membuat kita berusaha memenuhi segala syarat untuk menggapainya.

Kita pasti akan lebih bersemangat belajar matematika dan ekonomi ketika kita telah memantapkan hati untuk menjadi ekonom. Ketika melakukannya, hati kita akan berkata, “Aku harus menguasai … jika ingin menjadi …”

4. Cari Sumber Lain

Belajar dengan sumber yang sudah ditentukan biasanya membosankan. Karena selera itu tidak bisa diseragamkan. Untuk itu, sebagai pembelajar anda harus mandiri, mencari sumber lain sendiri.

5. Cari Tempat Lain

Lingkungan pasti akan mempengaruhi individu. Yakinkan diri kita bahwa lingkungan sudah membangun atau setidaknya tidak menghambat aktvitas belajar. Pindahlah jika hal yang berlawanan yang terjadi.
Carilah suasana baru seperti taman hijau yang sudah jarang kita kunjungi atau tempat nongkrong yang baru buka di ujung jalan sana. Membaca buku atau berselancar internetlah di sana. Tempat dan suasana baru bagai sebuah batere baru bagi mobil-mobilan yang membuatnya berlari lebih kencang.