ponsel di dalam pesawat
Ilustrasi, penggunaan ponsel di dalam pesawat terbang.

EASA Perbolehkan Penumpang Gunakan Ponsel di Pesawat

Diposting pada

Bhataramedia.com – Agensi Keselamatan Penerbangan Eropa, European Aviation Safety Agency (EASA), telah mengumumkan bahwa para penumpang pesawat terbang yang bepergian di wilayah Eropa diperbolehkan untuk menggunakan smartphone ataupun tablet selama penerbangan.

Menurut EASA, pencabutan larangan penggunaan ponsel dan alat komputasi di dalam pesawat kemungkinan besar akan benar-benar diterapkan pertengahan tahun 2015.

EASA untuk sementara ini mengharuskan semua maskapai di Eropa melakukan pengujian untuk memastikan keamanan penumpang saat menggunakan tablet dan smartphone saat berada di dalam pesawat.

Seperti dilansir Bussines Insider, selain memperbolehkan para penumpang menggunakan data internet selama berada di dalam pesawat, termasuk komunikasi telepon dan pesan instan, regulasi tersebut juga akan mempercepat p0enggunaan layanan Wi-Fi di dalam pesawat.

Peraturan penggunaan smartphone dan tablet di dalam pesawat sebenarnya sudah diperbolehkan EASA sejak beberapa bulan yang lau. Namun EASA menetapkan beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh para penumpang.

Pertama, para penumpang hanya boleh menggunakan alat telekomunikasi mereka pada saat pesawat mencapai ketinggian 3.000 meter. Kedua, penggunaan data internet oleh para penumpang tidak diperbolehkan.