Anak Diare? Coba Obat Diare Anak Tradisional Ini

Daun sendok (Plantago major) (Credit: Rasbak, WIkipedia)
Daun sendok (Plantago major) (Credit: Rasbak, WIkipedia)
Daun sendok (Plantago major) (Credit: Rasbak, Wikipedia)

Bhataramedia.com – Anak-anak buang air besar terus-menerus namun fesesnya cair. Hati-hati, ini adalah salah satu gejala penyakit diare. Penyakit diare memang terkesan seperti penyakit yang tidak serius. Tapi anggapan tersebut adalah salah. Karena penderita diare yang tidak segera ditangani dapat berujung pada kematian. Oleh karena itu, segera berikan perawatan yang tepat bila anak-anak mengalami gejala diare. Salah satu caranya yakni dengan memberikan obat tradisional untuk mengobati diare sebagai berikut ini.

Ramuan Akar Bunga Teratai dan Jahe

Ramuan obat tradisional untuk mengobati diare yang pertama yakni dapat dibuat dengan menggunakan bahan akar bunga teratai dan jahe. Adapun takaran yang diperlukan untuk membuat ramuan obat tradisional yaitu sekitar lima puluh gram akar bunga teratai dan 10 gram jahe.

Kedua bahan yang telah disediakan sesuai takarannya tersebut lalu dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Kemudian kedua bahan tersebut dihaluskan dengan cara diparut. Lalu parutan dari kedua bahan tersebut diberi sedikit air matang dan peraslah sampai terkumpul sari dari akar bunga teratai dan jahe. Disarankan untuk mengkonsumsi obat tradisional ini tiga kali dalam sehari agar diare segera dapat dihentikan.

Ramuan Daun Sendok

Daun sendok adalah bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk membuat ramuan obat tradisional untuk mengobati diare. Sediakan beberapa lembar daun sendok yang telah dicuci bersih. Lalu rebuslah daun sendok tersebut ke dalam panci berisi tiga gelas air yang dididihkan. Tunggu sampai air berubah warnanya dan volume air telah berkurang menjadi satu gelas. Setelah itu, barulah ramuan obat tradisional ini siap untuk diminum. Ramuan daun sendok ini dapat diminum dua kali sehari dengan takaran setengah gelas setiap meminumnya.

Oralit

Oralit adalah ramuan obat tradisional untuk mengobati diare yang paling praktis dan mudah dalam proses pembuatannya. Cukup menyediakan kurang lebih satu gelas air matang, dua sendok gula pasir dan setengah sendok garam. Kemudian masukkan gula pasir dan garam ke dalam air matang tersebut. Lalu aduklah sampai semuanya tercampur rata. Dan oralit pun siap diberikan kepada anak-anak yang menderita diare.

You May Also Like