Mengidap Rematik? Coba Obat Rematik Alami Ini

jahe.

Table of Contents

jahe.
Jahe.

Bhataramedia.com – Penyakit rematik biasanya menyerang mereka yang telah lanjut usia. Akan tetapi ternyata karena pola hidup yang tidak sehat, mereka yang berusia masih muda pun dapat terserang penyakit rematik ini. Selain itu, penyakit rematik pun tak boleh disepelekan karena bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Pengobatan modern maupun tradisional dapat dipilih untuk mengobati penyakit rematik ini. Jika memilih pengobatan modern bisa dengan berobat ke dokter-dokter yang ahli dalam menangani penyakit rematik ini. Bila memilih pengobatan tradisional maka pengobatan melalui berbagai obat-obatan alami bisa ditempuh. Berikut beberapa obat-obatan alami untuk mengobati penyakit rematik ini.

Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang dapat digunakan sebagai bumbu olahan makanan dan juga sebagai obat-obatan herbal. Jahe yang dipakai sebagai obat-obatan herbal bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk rematik. Mengkonsumsi wedang jahe bisa menjadi alternatif pilihan bila malas membuat ramuan obat herbal dari jahe.

Tapi sebenarnya membuat ramuan obat herbal dari jahe ini sangatlah mudah. Cukup dengan menyiapkan dua ruas jahe yang telah dicuci bersih. Kemudian kedua ruas jahe tersebut diremukkan atau ditumbuk kasar. Setelah itu, tumbukkan jahe tersebut tinggal di rebus dalam satu gelas air mendidih yang telah ditambahkan gula pasir dan madu secukupnya. Saat telah matang, ramuan jahe ini barulah dapat dikonsumsi. Minumlah ramuan jahe selagi hangat dan usahakan membuat serta meminum ramuan jahe ini setiap hari.

Kulit Manggis

Buah manggis yang dagingnya memiliki rasa manis dengan sedikit asam ini ternyata dapat digunakan sebagai ramuan untuk membuat obat herbal untuk mengobati penyakit rematik. Akan tetapi, bukan bagian dagingnya yang akan digunakan. Melainkan bagian kulitnya yang umumnya diabaikan. Jadi saat memakan buah manggis, janganlah membuang kulitnya karena bisa digunakan untuk membuat ramuan obat herbal.

Caranya yaitu dengan menyiapkan kulit manggis secukupnya. Cuci sampai bersih terlebih dahulu sebelumnya. Kemudian, potonglah kulit manggis ini dengan irisan yang tipis-tipis. Setelah itu, jemurlah irisan kulit manggis tersebut di bawah sinar mentari sampai benar-benar kering. Proses ini belum selesai, irisan buah manggis yang telah kering harus direbus terlebih dahulu barulah bisa dikonsumsi sebagai obat alami. Cara merebusnya pun tidak merepotkan, hanya perlu memasukkan irisan kulit manggis yang telah kering ke dalam air mendidih. Lalu menunggu air tersebut sampai berubah warnanya menjadi lebih pekat. Air rebusan irisan kulit manggis yang telah matang dapat dikonsumsi setiap hari.

Akar Pepaya

Pohon pepaya tidak hanya bisa dimanfaatkan bagian buah atau daunnya saja. Bagian akarnya pun dapat dipakai untuk membuat ramuan obat alami yang berkhasiat dalam mengobati penyakit rematik. Akar pepaya direbus ke dalam air mendidih bersama sedikit lengkuas dan sedikit gula merah. Tunggu sampai akar pepaya layu, barulah rebusan air pepaya ini dapat dikonsumsi dengan takaran setengah gelas setiap harinya.

You May Also Like