Ketahui Gejala Demam Berdarah Pada Anak

nyamuk
nyamuk
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang serius. Penderita demam berdarah yang tidak ditangani dengan baik bisa mengakibatkan kematian. Pelajari gejala-gejala demam berdarah dengan baik, karena dengan mengetahui gejalanya Anda bisa membantu mereka yang terkena demam berdarah mendapatkan penanganan medis dengan segera. Oleh karena itu sebagai orang tua Anda wajib mengetahui gejala-gejala demam berdarah yang dapat menimpa anak Anda tanpa diharapkan.

Berikut ini beberapa gejala-gejala yang menunjukkan adanya indikasi penyakit demam berdarah pada anak-anak.

Demam Tinggi

Waspadalah bila anak Anda tiba-tiba mengalami demam yang tinggi. Biasanya demam tersebut bisa mencapai suhu 40 derajat celcius. Perhatikan bagaimana kondisi badan anak Anda yang mengalami demam tinggi ini. Biasanya anak-anak yang mengalami demam tinggi ini kondisi tubuhnya sangat panas dan badannya pun menggigil. Lalu, tiba-tiba saja kondisi tubuh anak Anda berubah dalam seketika. Badannya sudah tidak panas karena demamnya sudah turun. Anda pasti mengira bahwa anak Anda akan segera sembuh. Namun yang sebenarnya tidak seperti itu, karena anak Anda nantinya akan mengalami demam tinggi lagi. Kondisi tubuh yang mengalami naik turunnya suhu tubuh merupakan salah satu gejala demam berdarah. Oleh karena itu, Anda harus segera membawa anak Anda ke dokter atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

Nyeri Pada Bagian Tubuh Tertentu

Selain demam tinggi, anak-anak yang menderita demam berdarah menunjukkan gejala nyeri pada bagian tertentu tubuhnya. Misalnya saja nyeri pada persendiannya, nyeri pada tulang-tulangnya, nyeri di bagian belakang matanya dan lain sebagainya.

Ruam Merah

Perhatikan kulit anak-anak yang menderita demam berdarah akan menunjukkan gejala berupa ruam merah. Pada awalnya ruam tersebut hanya berupa bintik-bintik merah kecil saja. Namun semakin lama bintik-bintik merah tersebut semakin banyak dan membentuk ruam merah pada permukaan kulit di sebagian besar tubuhnya.

Pendarahan ringan

Pendarahan ringan seperti keluarnya darah dari hidung atau mimisan dan pendarahan pada gusi merupakan gejala lainnya yang menunjukkan anak-anak menderita demam berdarah.

Itulah beberapa gejala demam berdarah yang dapat menimpa anak-anak kesayangan Anda. Karena itulah cegah demam berdarah demi keselamatan buah hati Anda. Caranya yakni dengan selalu menjaga kebersihan tempat tinggal Anda dan lakukanlah langkah 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur).

You May Also Like