anak, menangis
Ilustrasi.

Jangan Menghukum Ini Pada Anak-anak

Diposting pada
anak, menangis
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Punya anak, seringkali mereka bertingkah nakal. Seperti memecahkan piring, memecahkan kaca jendela, atau membanting benda-benda di rumah. Namun, sebagai orang tua harus paham, mereka melakukan hal tersebut tidak sengaja, dan biasanya terjadi akibat bermain dan ketidakpahaman dengan sesuatu.

Maka dari itulah jangan asal menghukum anak Anda, karena bisa mengakibatkan mental perkembangan anak Anda akan berubah buruk. Berikut adalah hukuman yang tidak boleh diberikan pada anak Anda:

Memukul wajah

Dilarang memukul muka, karena tamparan pada wajah akan mengakibatkan rasa balas dendam yang berlebih pada anak. Sewaktu-waktu ia akan melakukan hal yang sama pada orang lain. Maka dari itulah hindari hukuman ini pada anak, senakal-nakalnya anak Anda. Ia tak boleh melakukan pembalasan hukuman ini pada cucu Anda nanti.

Menampakkan kemarahan yang sangat

Tidak pantas bagi orang tua memberikan ekspresi wajah yang penuh dengan kemarahan pada anak. Karena, bukan saatnya mereka menerima hukuman yang seperti ini. Mereka bukan orang dewasa yang sudah bisa menentukan mana yang baik dan buruk.

Bersikap terlalu keras dan kasar

Jangan menghukum anak dengan perlakuan fisik, seperti memukul dan berkata-kata kasar seperti, “Dasar bodoh, dasar tolol,” dan lain sebagainya. Ini akan membuatnya menjadi rendah diri, dan murung. Mentalnya akan menjadi anak yang pendendam, ia akan berkata-kata kasar pada teman-temannya, bayangkan, hanya dari satu mulut, bakal keluar kata-kata yang kasar kepada lebih dari satu orang.

Mengunci di dalam kamar

Jangan pula menghukum anak-anak dengan memasukkannya ke dalam kamar kemudian di kunci dari luar. Ini akan membuatnya merasa dipenjara, ketakutan, dan menganggap orang tuanya tidak memberikan kasih sayangnya.

Mengusir anak keluar rumah

Terakhir, jangan mengusir anak keluar rumah. Sebab hukuman ini akan mengakibatkan anak menjadi pembangkang. Ia bakal mencari pelarian ke saudaranya, tetangganya, dan bahkan teman-temannya.

Ia bakal tak mau kembali ke rumahnya dan akan berupaya mencari makan sendiri di luaran sana. Bayangkan jika itu terjadi. Maka bijaklah dalam memberikan hukuman pada anak, jangan sampai perasaan anak membuat kesan bahwa orang tuanya tak lagi sayang padanya.