Yeni dan Ibu. (Credit: ugm.ac.id)
Yeni dan Ibu. (Credit: ugm.ac.id)

Belajar dari Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi di UGM (II)

Diposting pada
Yeni dan Ibu. (Credit: ugm.ac.id)
Yeni dan Ibu. (Credit: ugm.ac.id)

Bhataramedia.com – Namanya Yeni Epi Susanti, gadis anak seorang petani yang hanya bisa mendapatkan penghasilan 500 ribu perbulan ini akhirnya bisa kuliah di Universitas Gajah Mada.

Gadis pendiam dan tidak banyak bicara ini akhirnya mengeluarkan kebolehannya. Dibalik sosoknya yang pendiam itu ternyata menyimpan banyak prestasi. Beberapa kali ia mewakili SMA N 2 Magetan maju dalam olimpiade matematika tingkat kabupaten. Berkat kecerdasan akademiknya ini Yeni diterima di Fakultas Kehutanan UGM melalui Bidik Misi.

“Katanya di Fakultas Kehutanan itu seru dan berhubungan dengan alam,” papar Yeni seperti dilansir situs UGM (18/6/2015).

Fakultas Kehutanan menurut Yeni cukup prospek. Peluang kerja di bidang kehutanan pun masih terbuka. Lama hidup di kawasan pertanian dan hutan menjadi semangat Yeni untuk belajar di Fakultas Kehutanan.

Anak pasangan Siman dan Partini ini adalah anak pertama dari dua bersaudara. Adiknya masih duduk di kelas 4. Siman dan Partini adalah petani penggarap di daerah Nguri, Lembeyan, Magetan.

Penghasilan rata-rata keluarga ini per bulannya antara 500 ribu hingga 1 juta. Partini merasa terharu dan bangga Yeni bisa diterima di UGM lewat jalur Bidik Misi.

“Saya terserah ke Yeni dengan pilihannya. Mudah-mudahan bisa mengangkat derajat orang tua,” kata Partini