Ini Tips Berpuasa Bagi yang Sering Kena Maag

puasa
puasa
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Pada dasarnya mereka yang menderita maag, penyakit maag sendiri terbagi dua, yang dianjurkan berpuasa dan tidak. Padatnya kegiatan serta aktivitas yang tak kunjung henti, seringkali menyebabkan seseorang lupa mengatur pola makan. Bukan itu saja, seorang perokok, pecandu kopi, hingga yang mengalami stres, tak jarang akan merasakan derita sakit maag.

Maag tipe ini tidak terjadi akibat kerusakan dalam lambung. Bahkan dianjurkan berpuasa dengan cara yang tepat untuk menyembuhkan penyakitnya. Berbeda halnya dengan jenis maag yang terjadi akibat kerusakan pada saluran pencernaan. Misalnya saja penyakit tukak lambung, polip, hingga kanker, kesemuanya tidak dianjurkan untuk menjalankan puasa.

Langsung saja, untuk mengatasi sakit maag saat berpuasa, sebaiknya simak tips berikut ini:

Jangan lewatkan sahur dan segerakan berbuka

Anjuran sahur adalah sunnah, tapi penting dilakukan oleh penderita maag. Selain menyimpan energi dan menurunkan keasaman lambung, ketika minum banyak air sebelum berpuasa, segala kotoran dan racun yang terdapat dalam tubuh ikut keluar bersama urin.

Begitu pula saat berbuka. Makanan manis yang dikonsumsi akan mengembalikan stamina seperti sediakala. Sedangkan makan besar yang dilakukan setelahnya dapat mencegah kerusakan dinding saluran cerna. Karena pada malam hari, terlebih saat tidur, sekresi cairan lambung bekerja lebih keras dibanding ketika aktif di siang hari.

Tidak tidur setelah sahur

Selain memang dianjurkan oleh Nabi Muhammad untuk tidak tidur setelah sahur, ternyata efeknya juga sangat baik bagi penderita maag. Dengan melakukan beragam aktivitas, otak akan merangsang hormon katekolamin yang memungkinkan kadar gula dalam tubuh tetap normal.

Lambung pun bekerja tidak terlalu berat. Sehingga lemak dan gula bisa dicerna dengan baik dan dijadikan cadangan tenaga. Baiknya lagi, pengeluaran asam lambung dapat ditekan dan membuat maag berangsur sembuh.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Konsumsi sayur dan buah pada saat sahur dan berbuka akan sangat baik bagi penderita maag. Makanan tersebut akan menjadi lebih lama dicerna, dan kandungan mineral alaminya membantu menstabilkan pengeluaran asam lambung.

Hindari stres

Stres terbukti dapat menyebabkan maag kambuh. Karena stres yang dirasakan seseorang memicu munculnya hormon yang berpengaruh pada sekresi asam lambung. Untuk mengatasinya, perlu menemukan titik persoalan, mengupayakan penyelesaian masalah.

Oleh karena itu, jalankanlah puasa dengan anjuran yang tepat. Karena dengan berpuasa, pola makan menjadi lebih teratur dan makanan tidak sehat penyebab maag bisa dihindari, minimal pada jam-jam berpuasa.

Konsultasi ke dokter

Bila dirasa belum cukup, segera konsultasikan kepada dokter pribadi Anda. Sayang-sayang apabila tidak berpuasa hanya karena masalah sakit lambung.

You May Also Like