Tingkatkan Kualitas, FMIPA UGM Bangun Gedung Baru

FMIPA Bangun Gedung Kuliah Baru Program Sarjana. (Credit: ugm.ac.id)
FMIPA Bangun Gedung Kuliah Baru Program Sarjana. (Credit: ugm.ac.id)
FMIPA Bangun Gedung Kuliah Baru Program Sarjana. (Credit: ugm.ac.id)

Bhataramedia.com – Demi meningkatkan kualitas dalam tri dharma perguruan tinggi. Universitas Gajah Mada saat ini tengah berupaya terus melengkapi sarana dan prasarana dalam perkuliahannya.

Salah satunya yang dilakukan saat ini, UGM tengah membangun gedung baru khusus FMIPA. Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Suratman, hari Selasa (16/6/2015) dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung baru program sarjana Fakultas MIPA UGM.

Beliau menjelaskan bahwa pengelolaan limbah laboratorium, ke depan harus membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) laboratorium secara terpadu di setiap kluster UGM. Agar tidak menimbulkan beban pencemaran lingkungan.

“Demikian halnya terkait pengelolaan air dan energi listrik yang tinggi di UGM, kami perlu masukannya dari fakultas,” kata Suratman.

Lebih lanjut, Suratman berharap nantinya FMIPA dapat menjadi salah satu pilar yang dapat menyokong UGM menjadi universitas riset berkelas dunia melalui berbagai riset yang dihasilkan. Bahkan dapat menjadi motor penggerak lahirnya berbagai publikasi ilmiah di lingkungan UGM.

“Selain Fakultas Farmasi dan Fakultas Kedokteran, FMIPA sudah menjadi salah satu pemasok publikasi terkuat di UGM. Kami sangat berterima kasih,” katanya.

Dengan adanya gedung perkuliahan baru ini kedepan diharapkan mampu mendukung kegiatan pembelajaran di FMIPA. Juga menjadi semangat baru untuk menjalankan kegiatan pendidikan dan penelitian.

“Kegiatan pembelajaran yang awalnya terpisah di MIPA utara dan MIPA selatan jadi terintegrasi di gedung baru ini semoga ada kekuatan baru nantinya dalam satu manajemen,” tutur Suratman.

Pembangunan gedung baru dengan tapak bangunan 1.160 meter persegi ini diharapkan dapat menampung seluruh kegiatan perkuliahan mahasiswa program sarjana. Selain akan digunakan untuk ruang kuliah gedung yang akan dibangun hingga lima lantai ini juga dipakai sebagai laboratorium.

You May Also Like