Mau Tahu Waktu yang Tepat untuk Belajar? Ini Jawabannya

belajar, membaca
belajar, membaca
Belajar.

Bhataramedia.com – Belajar berkali-kali kadang kala susah untuk menempel di otak. Sering mengalami hal tersebut?

Mungkin saja, Anda salah dapat mengaplikasikan waktu dalam belajar. Seringkali kita lupa, bahwa, waktu yang baik untuk belajar itu berpola. Waktu yang baik untuk belajar agar bisa lekas mengingat dan dapat merangsang otak dengan baik ada waktunya.

Mau tahu, kapan saja waktu yang tepat untuk belajar ini jawabannya.

Saat Anda bangun di pagi hari

Setelah beristirahat semalaman maka kondisi fisik Anda sedang dalam keadaan bugar. Bangun di pagi hari tidak hanya cocok untuk olahraga pagi, tetapi juga merupakan waktu yang tepat untuk belajar.

Cara belajar itu misalnya dengan membaca, sebab otak masih dalam keadaan segar sehingga mudah mencerap apa-apa yang dipelajari. Rutinitas ini misalnya bisa dimulai dengan membaca koran setiap pagi, jadi kalau bisa Anda bisa berlangganan koran dan mengawali pagi hari dengan menyerap informasi yang menurut Anda itu dibutuhkan.

Coba perhatikan, orang yang punya kebiasaan membaca atau belajar dengan model apapun pada pagi hari adalah orang dengan profesi yang syaratnya adalah harus menjadi orang cerdas. Jadi memilih waktu belajar pada pagi hari bisa membantu efektivitas pembelajaran.

Belajar di waktu luang

Ada saat di mana Anda memiliki waktu luang dan tidak beraktivitas. Apakah Anda akan memilih memilih bengong pada saat seperti itu. Dua puluh empat jam yang Anda miliki dalam satu hari itu biasanya Anda akan menemukan waktu luang.

Misalnya pada saat lagi antri, daripada bengong dan pikiran Anda kosong maka waktu seperti itu bisa Anda isi dengan membaca misalnya. Selalu siapkan bahan bacaan di manapun Anda bepergian.

Waktu luang yang spontanitas seperti itu bisa Anda manfaatkan untuk belajar lebih efektif. Sebab terkadang Anda memprogram atau mengatur jadwal belajar tetapi tidak efektif dengan beragam sebab. Anda bisa merasa jenuh dengan jadwal belajar Anda yang monoton.

Sebelum jam istirahat atau tidur

Sebelum beristirahat juga adalah pilihan waktu belajar yang efektif. Misalnya pada malam hari dan kondisi tubuh anda lelah tetapi biasanya Anda biasa tidak bisa langsung tidur. Atau jam istirahat Anda siang biasanya mata anda tidak bisa langsung terpejam.

Maka memilih belajar pada saat seperti itu juga adalah sebuah momen yang tepat. Dengan membaca misalnya ketika Anda mulai merasakan mata Anda kelelahan maka berhentilah untuk membaca dan segera beristirahat.

Tetapi yakin bahw apa yang Anda pelajari sebelum waktu istirahat sebagian akan terekam di alam bawah sadar Anda. Jadi tidak ada salahnya kalau sebelum istirahat Anda memilih untuk belajar.

You May Also Like