Ini Tips Agar Kamu Semangat Menyelesaikan Skripsi

buku
buku
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Bagi mahasiswa semester akhir. Skripsi adalah makanan terakhir mereka sebelum mengambil toga (kelulusan). Namun, bagi sebagian mahasiswa, ternyata dalam menyelesaikan skripsi selalu dihadapkan dengan virus-virus malas, takut dosen killer, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, berikut adalah cara mengantisipasi rasa malas menyelesaikan tugas skripsi.
Mencari topik yang menarik

Tips pertama adalah mencari topik yang menarik dan juga bisa membuat Anda berminat untuk mengerjakannya. Carilah topik yang membuat Anda begitu penasaran sehingga Anda bisa begitu bersemangat saat mengerjakannya.

Pastikan Referensinya Mudah Didapatkan

Setelah mendapatkan topik yang Anda inginkan, maka Anda juga harus memastikan kalau referensi dari topik tersebut mudah atau setidaknya tidak terlalu sulit untuk didapatkan.

Karena biasanya masalah referensi menjadi salah satu hambatan dalam mengerjakan skripsi. Untuk mengetahui apakah referensinya mudah didapatkan, pastikan kalau topik tersebut tidak terlalu jauh dari topik-topik yang sering dibahas oleh orang-orang.

Pemilihan Metode Penelitian

Pastikan juga kalau Anda memilih metode penelitian yang tepat, cocok untuk skripsi dan juga Anda kuasai. Jangan memilih metode penelitian hanya karena dipengaruhi oleh orang lain atau Anda merasa bahwa hal tersebut susah padahal sebenarnya metode itu sangat cocok dan bisa membuat Anda lebih mudah saat akan menyelesaikan skripsi.

Pemilihan Dosen Pembimbing

Saat memilih dosen pembimbing, pastikan kalau dosen tersebut memang memiliki kompetensi khusus atau minat yang sama pada topik skripsi yang akan Anda bahas. Dengan demikian, beliau juga akan bersemangat saat memberikan bimbingan kepada Anda. Jangan pernah takut dengan label “killer” pada dosen tersebut karena sebenarnya mereka begitu karena ingin melihat mahasiswanya menjadi lebih baik.

Hal lain yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih dosen pembimbing adalah jika dosennya dekat dengan Anda sehingga Anda bisa lebih santai dan tidak lagi ketakutan saat mengerjakan skripsi.

Meminta Bantuan dari Teman

Ketika ada sesuatu yang tidak Anda pahami atau ada masalah yang tidak bisa Anda selesaikan dalam skripsi, tidak ada salahnya jika Anda bertanya kepada teman-teman Anda, baik yang masih ada di kampus ataupun yang telah lulus. Teman-teman Anda pasti akan dengan senang hati memberi saran, penjelasan atau bahkan bantuan yang mungkin Anda perlukan.

Nah itulah beberapa tips bagaimana mengatasi rasa malas, dan gangguan-gangguan susah menyelsaikan skripsi (tugas akhir) kuliah. Semoga bermanfaat.

You May Also Like