Terapi Kanker Menggunakan Nanopartikel Tertarget

nanopartikel, fluoresensi, kanker
nanopartikel, fluoresensi, kanker
Setelah dua jam, nanopartikel khusus terakumulasi di dalam sel-sel kanker (merah dan kuning) pada tikus dan menghancurkan sebagian besar tumor dalam satu hari (kanan).(Credit: American Chemical Society)

Bhataramedia.com – Banyak pasien kanker dapat bertahan hidup melalui pengobatan hanya untuk mengalami kekambuhan beberapa tahun setelahnya. Kekambuhan dan penyebaran tumor ini dapat terjadi kemungkinan karena sel-sel punca (stem cell) kanker sulit untuk dibunuh dengan obat kanker konvensional. Namun, saat ini peneliti telah merancang nanopartikel yang secara khusus dapat menargetkan sel-sel punca kanker untuk mengirimkan obat. Pengobatan nanopartikel ini bekerja jauh lebih baik daripada pengobatan dengan hanya menggunakan obat konvensional pada tikus. Penelitian ini dilaporkan di jurnal ACS Nano.

Obat antikanker sering dapat mengecilkan tumor tetapi tidak membunuh sel-sel punca kanker (SPK). Meskipun SPK kemungkinan hanya membuat suatu bagian kecil dari tumor, perlawanan sel-sel ini terhadap obat memungkinkannyaa untuk bertahan. Sel-sel ini kemudian dapat menyebabkan tumor untuk tumbuh kembali atau menyebarkan sel-sel kanker di seluruh tubuh. Xiaoming He dan rekan-rekannya ingin mengembangkan sistem nanopartikel untuk mengatasi pertahanan sel-sel ini.

Dilansir American Chemical Society  (10/06/2015), para peneliti mengemas obat antikanker doxorubicin ke dalam nanopartikel yang dilapisi dengan kitosan, polisakarida alami yang secara khusus dapat menargetkan SPK. Setelah di lingkungan asam dari tumor, nanopartikel akan terdegradasi dan melepaskan obat. Uji pada jaringan dari sel normal dan sel punca kanker secara in vitro, serta pada tumor payudara manusia yang ditumbuhkan pada tikus, menunjukkan bahwa terapi nanopartikel berhasil membunuh SPK dan menghancurkan tumor. Selain itu, hewan percobaan yang diberi terapi ini tidak menunjukkan mengalami efek samping.

Para peneliti mendapatkan dana penelitian dari American Cancer Society dan Pelotonia.

Referensi Jurnal :

Wei Rao, Hai Wang, Jianfeng Han, Shuting Zhao, Jenna Dumbleton, Pranay Agarwal, Wujie Zhang, Gang Zhao, Jianhua Yu, Debra L. Zynger, Xiongbin Lu, Xiaoming He. Chitosan-Decorated Doxorubicin-Encapsulated Nanoparticle Targets and Eliminates Tumor Reinitiating Cancer Stem-like Cells. ACS Nano, 2015; 150529083600004 DOI: 10.1021/nn506928p.

You May Also Like