kultur sel
Ilustrasi.

Rekayasa Sel Kulit Menjadi Katup Pulmonal Bagi Pasien Pediatrik

Diposting pada

Bhataramedia.com – Para peneliti telah menemukan cara untuk mengambil sel-sel kulit pasien pediatrik dan memprogram ulang sel-sel kulit tersebut agar dapat berfungsi sebagai sel katup jantung. Sel yang telah direkayasa tersebut kemudian digunakan sebagai bagian dari sel-sel rekayasa jaringan katup pulmonal. Penelitian tersebut diterbitkan di Annals of Thoracic Surgery edisi September 2014.

“Penggantian katup jantung yang ada saat ini tidak dapat ikut tumbuh siring bertambahnya umur pasien. Namun metode yang digunakan di dalam penelitian ini akan memperkenalkan katup ‘hidup’ yang akan terus tumbuh bersamaan dengan pasien. Penelitian kami sangat penting untuk pasien anak yang sering membutuhkan operasi berulang untuk penggantian katup paru, “kata pemimpin penulis, David L. Simpson, PhD, dari University of Maryland School of Medicine di Baltimore.

Dr. Simpson, Sunjay Kaushal, MD, PhD dan rekan-rekan lainnya,  merancang proses untuk mengubah sel-sel kulit dari biopsi sederhana menjadi sel-sel yang menjadi unsur penting di dalam suatu rekayasa jaringan katup pulmonal.

Katup pulmonal adalah katup berbentuk bulan sabit yang terletak di antara ventrikel kanan jantung dan arteri pulmonalis. Katup ini bertanggung jawab untuk memindahkan darah dari jantung ke paru-paru.

Sementara ini studi tersebut dilakukan secara in vitro (di luar tubuh), langkah berikutnya yang akan dilakukan adalah menanamkan katup rekayasa jaringan tersebut ke dalam tubuh pasien untuk menguji daya tahan dan usianya.

“Kami menciptakan katup pulmonal yang unik untuk masing-masing pasien dan berisi sel-sel hidup dari pasien itu. Katup tersebut tidak cenderung dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh pasien, sehingga dapat menghasilkan keluaran yang baik  dan mudah-mudahan dapat meningkatkan kualitas hidup pasien kami,” kata Dr. Kaushal, seperti dilansir Elsevier (24/9/2014).

“Di masa depan, ada kemungkinan untuk menghasilkan katup pulmonal tersebut dengan menggunakan sampel dara,  bukan dari biopsi kulit,” lanjut dia.

Dr. Simpson menambahkan bahwa dia berharap penelitian ini akan mendorong penelitian tambahan di dalam teknik jaringan dan menarik lebih banyak orang untuk memasuki bidang ini, “Mudah-mudahan, meningkatnya minat dan penelitian di bidang ini akan mempercepat aplikasi klinis.”

Menurut data dari STS Congenital Heart Surgery Database, diperkirakan bahwa hampir 800 pasien per tahun berpotensi mendapatkan keuntungan dari katup pulmonal buatan tersebut. Data tersebut dikumpulkan melalui lebih dari 95% dari rumah sakit di AS dan Kanada yang melakukan operasi jantung pediatrik dan bawaan. Data tersebut juga menunjukkan bahwa sekitar 3.200 pasien menjalani penggantian katup pulmonal selama periode 4 tahun dari Januari 2010 sampai Desember 2013.