Cermati 5 Cara Mudah Berbakti Pada Orang Tua Ini !

kasih sayang
kasih sayang
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Sebagai seorang anak yang baik, sudah sewajarnya kita ingin membuat orang tua kita merasa bahagia. Sudah menjadi kewajiban kita pula untuk membahagiakan dan membuat hidup mereka lebih indah.

Lalu bagaimana caranya agar kita berbakti pada orang tua mudah, tanpa harus memberikan uang sebagai rasa terimakasih kita pada orang tua. Berikut, adalah cara bagaimana kita berbakti pada orang tua dengan cara yang mudah:

Patuh pada orang tua

Orang tua umumnya meminta pada kita secara tidak langsung untuk menuruti segala nasihat yang baik dari orang tua kita. Namun seringkali kita tak mau mendengarkan apa yang dinasehati oleh orang tua kita.

Bersikap patuh pada orang tua akan membuat orang tua kita semakin tenang, bahwa anaknya mau menuruti nasihatnya. Karena biasanya orang tua selalu berpikir, bahwa merekalah yang lebih berpengalaman, dan tahu bagaimana langkah yang terbaik untuk anak-anak mereka. Hal yang dipikirkan oleh anaknya, biasanya sering menganggap bahwa nasihat orang tuanya kurang mewakilinya.

Hargai prinsip yang dianut orang tua

Setiap orang tua pasti memiliki prinsip, nilai-nilai, dan jalan hidup yang mereka anut, seperti agama dan keyakinan tertentu. Prinsip tersebut bisa dalam hal berhubungan dengan orang lain, beragama, berbisnis, belajar, atau bekerja. Orang tua tersebut pasti merasa yakin bahwa prinsip tersebut benar, bisa membawa ke arah kehidupan yang lebih baik, dan ingin anaknya ikut menganutnya.

Maka dari itulah, sebagai anak yang baik, sikap untuk terbaik yang orang tua menyangkut prinsip adalah dengan menghargainya.

Ucapkan terima kasih

Satu lagi hal kecil yang mudah untuk dilakukan namun kerap terlupakan. Memang, sebesar apapun perbuatan kita untuk berterimakasih kepada orang tua. Oleh karena itu, hal yang paling penting dalam berterimakasih adalah ketulusan dan rasa kasih sayang.

Ucapkan terimakasih pada orang tua, apa yang telah diberikan oleh orang tua kita. Sehingga, orang tua yang telah bersusah payah bekerja akan terobati dengan ucapan terimakasih dari anak-anaknya.

Mendengarkan nasihat orang tua

Sebenarnya, orang tua apabila memberikan nasihat sejatinya untuk kebaikan anak-anaknya. Alangkah kecewanya seorang ayah dan ibu, apabila anaknya yang selama ini dia rawat justru tak mau mendengar nasihat dari orang tuanya.

Dengarkanlah apabila ayah dan ibu berbicara, karena dengan begitu, seorang ayah dan ibu akan berlaku bangga pada anaknya yang bukan karena suksesnya dia dalam karir, tetapi karena budi pekertinya, terutama pada saat ia rendah hati tetap mau mendengar nasihat baik dari orang tuanya.

Menjadi anak yang baik

Satu hal yang membuat orang tua kita menjadi bangga pada diri kita yang sebagai anak adalah, dengan menjadi anak yang baik. Menjadi anak yang baik adalah mereka yang tidak membuat kenakalan-kenakalan, tidak menyusahkan orang tua, dan tidak membuat masalah-masalah baru di dalam masyarakat.

Berbakti pada orang tua tidak harus memberikan sandang, pangan, papan, untuk orang tua semata, tetapi bisa juga memberikan kasih sayang kita pada orang tua, dengan cara berbuat baik dan menunjukkan diri kita dapat bersikap yang baik pada orang tua.

You May Also Like