Coba Cara Ini Untuk Menjaga Berat Badan Tetap Ideal !

olahraga, lari
olahraga, lari
Berlari.

Bhataramedia.com – Menjaga berat badan ideal memang menjadi dambaan setiap manusia. Tidak terkecuali kaum hawa yang selalu ingin tampil cantik dengan bentuk tubuh yang indah dan good looking di mata semua orang.

Namun, seringkali kita lupa bahwa berat badan yang proporsional bisa saja berubah, apabila kita tidak pandai-pandai dalam menjaga berat badan kita agar tetap ideal. Lantas bagaimanakah agar kita dapat menjaga berat badan kita agar selalu ideal, tentu ada cara-caranya, berikut ulasannya:

1. Menjaga pola makan

Hal yang membuat berat badan kita akan berubah adalah adalah pola makan yang tidak teratur. Salah satunya adalah karena masalah pekerjaan, lembur, tugas kantor, keperluan mendadak, aktivitas-aktivitas yang membuat jadwal pola makan kita berubah.

Sebagian besar, masalah-masalah tersebut membuat kita menjadi tidak mengontrol pola makan kita. Hal itulah yang membuat tubuh menjadi banyak menimbun lemak yang diakibatkan karena kita tidak banyak beraktivitas setelah makan, yang umumnya dikarenakan jadwal makan kita bergeser di tengah malam. Karena lembur kerja, atau aktivitas lain.

2. Berolahraga secara teratur

Hal lain yang membuat kita menjadi lebih gemuk adalah kurangnya aktivitas olahraga. Banyak usia produktif, antara 25 hingga 50 tahun berat badan semakin bertambah karena menurunnya aktivitas olahraga.

Fungsi dari aktivitas olahraga itu sendiri adalah sebagai pembakar lemak dan melenturkan jaringan otot pada tubuh agar tidak kaku. Usahakan, dalam satu hari disisakan waktu untuk berolahraga, walaupun beberapa puluh menit, agar kebugaran tubuh dan jaringan lemak yang menimbun di tubuh dapat berangsur-angsur berkurang.

3. Rajin Mengonsumsi Protein

Khusus untuk mereka yang kelebihan berat badan ideal, rajin-rajinlah memakan bahan makanan yang mengandung protein. Karena, dalam zat protein mengandung bahan untuk membakar lemak dengan cepat. Biasanya, protein bisa diperoleh dari putih telur, selain itu bisa juga di dapat dari gandum maupun sereal. Konsumsi protein ini sangat di anjurkan sebagai sarapan pagi anda, sebelum beraktivitas.

4. Konsumsi makanan yang kaya serat alami

Cara selanjutnya untuk menjaga berat badan agar tetap ideal adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya dengan serat alami. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, dapat membantu untuk memberikan gizi yang seimbang untuk tubuh tanpa harus disimpan. Artinya, tubuh tidak perlu banyak menyimpan sisa-sisa zat makanan di dalam tubuh.

5. Ganti nasi dengan makanan karbohidrat alternatif

Hal yang menjadi penyebab utama seseorang mengalami obesitas sebenarnya bukan hanya terjadi karena tubuh banyak menyimpan lemak, tetapi juga kalori yang ditimbun terlalu lama. Kalori yang terlalu banyak biasanya berasal dari nasi, yang biasa kita konsumsi setiap hari. Alternatifnya, ganti konsumsi nasi dengan roti, pada saat jam makan siang dan malam. Karena pada jam makan siang dan makan malam, seringkali kita tidak banyak melakukan aktivitas banyak sehingga disarankan mengganti konsumsi nasi (kaya gula dan kalori) ini dengan roti atau jagung yang memiliki kandungan rendah kalori.

Nah itulah lima cara agar kita dapat menjaga berat badan ideal dengan mudah, semoga berhasil.

You May Also Like