Categories: Lifestyle

Inilah 5 Penyebab Badan Kita Tiba-tiba Jadi Gendut

Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Masa-masa beralih ke masa dewasa, hingga ke masa produktif, seringkali pada tubuh wanita dan pria mengalami kegemukan secara mendadak. Tidak pernah terpikirkan sebelumnya, bahwa mengapa kita tiba-tiba jadi gemuk, yang awalnya pada masa-masa sekolah tubuh kita nampak langsing dan dengan memiliki berat badan yang proporsional.

Lalu, sebenarnya apa yang membuat badan kita berubah jadi gemuk secara tiba-tiba? Berikut adalah ulasan Bhataramedia.com, tentang lima penyebab yang membuat badan kita tiba-tiba jadi gendut.

1. Hobi Makan

Pada masa-masa transisi dari remaja ke dewasa seringkali menguras emosi, dari masalah pribadi, keluarga, sekolah, pergaulan, dan masalah pekerjaan. Dari masalah yang dihadapi, saat kita galau, seringkali melampiaskan ke hal-hal positif hingga negatif. Tidak terkecuali dengan melampiaskan ke makanan, hingga timbullah hobi makan.

Terutama hobi makan saat malam hari, kita dengan seenaknya, makan setiap malam tanpa mengindahkan akibat, jika makan malam hingga tengah malam. Hobi makan malam, dapat menyebabkan obesitas dini, karena makanan yang kita makan saat malam hari langsung dicerna oleh tubuh, dan tidak digunakan oleh tubuh. Itulah yang menyebabkan makanan jadi tidak digunakan oleh tubuh, karena posisi kita terlelap tanpa aktivitas.

2. Balas dendam setelah berolahraga

Kegiatan berolahraga seharusnya membuat kita jadi lebih sehat dan bugar, namun apa jadinya jika kita berolahraga karena ingin balas dendam. Setelah berolahraga biasanya tubuh kehilangan ion, dan kalori yang tinggi. Namun, karena tidak bisa ditahan, akhirnya kita sering membalas dengan tidak wajar, seperti makan banyak dan minum terlalu banyak.

Sehingga, kita membuang kalori 500 dengan berolahraga, namun kita membalasnya dengan mengisi kembali 700 kalori kembali ke tubuh kita dengan makanan. Inilah yang menjadi sebab mengapa tubuh kita bukannya bertambah langsing, malah bertambah jadi lebih gemuk.

3. Begadang di tengah malam

Related Post

Dalam sebuah penelitian menyebut, bahwa orang yang kurang tidur akan mengalami masa-masa berkebutuhan kalori yang lebih tinggi. Kurang tidur juga dapat menyebabkan produksi hormon kortisol, gula darah, dan produksi insulin akan naik. Hal ini menjadi memicu tubuh menjadi cepat lapar. Sehingga secara otomatis, kita lebih suka makan tak terkontrol.

4. Telat Makan

Pada umumnya, mereka yang telat makan adalah mereka yang selalu sibuk dengan aktivitasnya tanpa mempedulikan pola makan mereka. Sehingga seringkali yang terjadi adalah bergesernya jadwal makan mereka ke waktu-waktu yang tidak produktif kerja. Seperti jam-jam tengah malam.

Dan yang terjadi adalah gangguan pada sistem pencernaan, yang diakibatkan pola makan yang kurang teratur. Ada jam-jam dimana sistem pencernaan beristirahat, dan jam-jam dimana sistem pencernaan melakukan pekerjaannya secara maksimal. Umumnya, sitem pencernaan lambung bekerja maksimal pada pagi hingga sore hari, dan sistem pencernaan usus akan bekerja maksimal pada malam hari hingga pagi hari.

Namun karena pola makan kita jadi terbalik, maka hasil pencernaan yang dilakukan tubuh kita jadi kurang maksimal. Sehingga tubuh lebih banyak menyimpan zat-zat makanan, bukan menyerapnya sebagai energi yang diperlukan oleh tubuh.

5. Aktivitas hormon berlebih

Terakhir, mengapa orang tiba-tiba mengalami obesitas adalah karena tingkat aktivitas hormon yang berlebih. Ini terjadi secara normal, baik pria atau wanita, aktivitas hormon ini meningkat saat mereka beralih masa dari remaja ke dewasa. Usia produktif akan ditandai dengan keluarnya sperma pada laki-laki, dan menstruasi pada wanita.

Tubuh akan membutuhkan banyak nutrisi dan akan mengeluarkan hormon nafsu makan pada manusia, sehingga memacu tubuh untuk lebih nafsu makan.

Itulah lima penyebab yang biasanya terjadi pada tubuh, yang seringkali membuat tubuh kita mengalami obesitas secara tiba-tiba.

Windu Merdekawati

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago