Apa Saja Tanda-tanda Menstruasi ? Simak Ulasannya !

menstruasi
menstruasi
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Datang bulan atau haid atau juga lazim disebut sebagai menstruasi adalah proses meluruhnya sel telur yang menempel pada dinding rahim akibat tidak dibuahi. Proses ini ditandai dengan keluarnya darah kotor dari organ intim perempuan. Namun ada tanda-tanda lainnya yang menunjukkan perempuan akan mengalami menstruasi. Berikut ini penjelasan selengkapnya :

1. Sakit Perut

Perempuan yang akan menstruasi biasanya memiliki berbagai masalah pada perutnya. Misalnya saja seperti nyeri pada bagian perut seperti dililit sesuatu, mengalami kram pada bagian perut, atau mengalami diare yang menyebabkan dia bolak-balik ke toilet. Selain itu, ada juga perempuan yang mengalami mual-mual saat menjelang haid.

Perut tak hanya menimbulkan berbagai masalah saja saat menjelang haid. Sebagian besar perempuan mengalami ngidam sebelum haid datang. Mereka menginginkan suatu jenis makanan tertentu untuk memenuhi hasrat ngidam tersebut. Tenang, ini bukan berarti perempuan tengah hamil kok. Hal ini adalah wajar bagi perempuan, ngidam ini timbul karena untuk mengurangi rasa sakit pada perut yang mereka alami.

2. Keputihan

Keputihan adalah masalah organ intim yang dialami oleh sebagian perempuan. Keputihan dianggap wajar dan tidak membahayakan kesehatan apabila tidak menyebabkan gatal dan bau pada organ intim. Namun, keputihan menjelang haid adalah hal yang lumrah dan normal.

Jangan kaget bila warna keputihan berubah menjadi berwarna kecoklatan. Bukan berarti keputihan yang Anda alami tidak wajar dan membahayakan. Perubahan warna tersebut terjadi karena cairan keputihan sudah tercampur dengan cairan darah kotor. Hal ini menandakan bahwa datang bulan akan segera datang.

3. Perubahan Emosi

Seringkali tanda-tanda di atas diabaikan oleh para perempuan. Karena mereka terkecoh dengan perubahan emosi yang terjadi saat menjelang haid. Perubahan emosi tersebut lebih mengarah pada perubahan emosi yang negatif.

Perempuan yang akan haid pada umumnya emosinya sangat sensitif, mudah sekali tersinggung, mudah marah, jengkel dan lain sebagainya. Singkatnya, “bad mood” merupakan hal yang akan terjadi pada perempuan saat menjelang haid. Sebaiknya, perempuan mengendalikan perubahan emosi ini. Karena bila membiarkan dirinya dalam emosi yang negatif maka bisa berdampak negatif pula bagi dirinya. Misalnya saja, perempuan memang mudah marah menjelang haid namun bukan berarti harus marah-marah terhadap siapa saja bukan?

You May Also Like