Posisi tidur ibu hamil. (Credit: maternityinstitute.com)
Ilustrasi. (Credit: maternityinstitute.com)

Ketahui Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil !

Diposting pada
Posisi tidur ibu hamil. (Credit: maternityinstitute.com)
Posisi tidur ibu hamil. (Credit: maternityinstitute.com)

Bhataramedia.com – Selain ngidam, mual dan muntah-muntah pada masa kehamilan, ada hal lain yang kurang menyenangkan yang harus dialami oleh ibu hamil. Yakni sulitnya memperoleh waktu tidur yang berkualitas dan nyenyak. Salah satu penyebabnya karena pada masa kehamilan seorang ibu hamil tidak bisa bergerak bebas saat tidur seperti biasanya. Ada beberapa posisi tidur yang harus ibu hamil hindari. Karena ada kandungan bayinya yang perlu diperhatikan saat sedang tidur sekalipun.

Demi kesehatan kandungan dan tidur yang berkualitas, inilah posisi tidur yang sebaiknya ibu hamil perhatikan.

1. Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur seperti ini bisa dilakukan saat masa kandungan muda. Itu pun kalau ibu hamil merasa nyaman dengan posisi ini. Namun, saat kandungan semakin membesar sebaiknya posisi tidur tengkurap dihindari. Bukan hanya tidak nyaman, tapi sangat rentan terhadap keselamatan kandungan. Karena posisi tidur tengkurap seperti menindih kandungan atau menekankan kandungan pada kasur. Posisi ini sangat berbahaya sekali jika dilakukan terutama saat usia kandungan semakin bertambah.

2. Posisi Tidur Terlentang

Posisi tidur terlentang dapat menjadi posisi tidur favorit ibu hamil sampai usia kandungan mencapai empat bulan saja. Posisi tidur terlentang ini memang menguntungkan ibu hamil, dimana ibu hamil dapat tidur dengan nyaman tanpa mengkhawatirkan kandungannya.

Akan tetapi, setelah empat bulan sebaiknya posisi tidur terlentang tidak dilakukan lagi oleh ibu hamil. Menurut penelitian, posisi tidur terlentang setelah usia kandungan empat bulan dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit seperti sakit pada bagian pinggang, gangguan pencernaan dan juga tekanan pada darah. Masalah tekanan darah yang terjadi pada ibu hamil dapat berbeda-beda. Ada yang mengalami penurunan tekanan darah dan ada pula yang tekanan darahnya menjadi meningkat. Namun apapun itu masalah tekanan darah sangat membahayakan kesehatan pada ibu hamil.

3. Posisi Tidur Miring

Posisi tidur miring dinilai sebagai posisi tidur terbaik bagi wanita yang tengah hamil. Hal ini karena membuat ibu hamil merasa nyaman dan juga berdampak positif pada kondisi janin yang tengah dikandung. Yakni memudahkan aliran darah menuju ke kandungan dan juga memudahkan nutrisi diserap oleh janin dalam kandungan.

Agar posisi tidur miring ini semakin nyaman cobalah untuk meletakkan lebih dari satu bantal. Yakni beberapa bantal di kepala dan sisanya disekitar lengan serta kandungan. Atau ibu hamil juga dapat menggunakan bantal yang khusus menopang kandungan saat tengah tidur dengan posisi miring ini.