Categories: Health

Yuk Kenali Penyebab Menstruasi Terlambat !

Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Hayoo yang lagi bolak-balik lihatin kalender dan berusaha mengingat kapan terakhir kali kamu menstruasi. Sudah Ingat? Tapi ternyata sudah lewat tanggalnya dan kamu sekarang belum menstruasi lagi. Hmm.. Sudah jangan galau, terlambat menstruasi bukan berarti hamil kok. Dan juga bukan berarti karena suatu penyakit tertentu.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang menyebabkan menstruasi kamu terlambat datang. Apa sajakah itu? Yuk kita cari tahu bareng-bareng pada ulasan di bawah ini.

1. Stress

Banyaknya tugas di sekolah atau di tempat kerja membuat kamu merasa terbebani. Belum lagi masalah lainnya yang ikut bermunculan. Tekanan-tekanan tersebut tak mampu kamu hindari dan akhirnya kamu pun mengalami stress. Stress yang kamu alami tersebut ternyata berpengaruh terhadap hormon-hormon metabolisme kamu. Hormon-hormon tersebut menjadi tidak seimbang dan kinerjanya pun menjadi tidak maksimal. Hal ini mempengaruhi siklus menstruasi kamu menjadi tidak normal alias membuat jadwal menstruasi bulanan kamu menjadi terlambat datang. Jadi hindari stress berlebihan yaa. Atasi semua tekanan-tekanan yang muncul dengan sharing bersama sahabat atau orang terdekat kamu!

2. Berat Badan

Tak hanya stress yang dapat mempengaruhi kinerja hormon. Penurunan berat badan atau pun penambahan berat badan secara drastis dapat mempengaruhi kinerja hormon pada tubuh kamu. Kinerja hormon yang terganggu tersebut membuat siklus menstruasi kamu menjadi terganggu juga. Akhirnya kamu pun mengalami telat datang bulan. Karenanya sangat penting menjadi berat badan tetap ideal. Yakni dengan rajin berolahraga dan memenuhi asupan makanan yang sehat.

Related Post

3. Sakit

Kondisi tubuh yang tengah sakit juga dapat menyebabkan menstruasi menjadi terlambat datang. Obat-obatan yang dikonsumsi selama sakit tersebut pun turut andil dalam menyebabkan kamu terlambat datang bulan. Namun jangan cemas, setelah kamu sembuh dari sakit siklus haid kamu akan kembali normal seperti biasanya. Jadi jaga kesehatan kamu ya supaya tetap fit dan bugar!

4. Gaya Hidup

Coba deh instropeksi gaya hidup kamu selama ini? Apakah gaya hidupmu termasuk gaya hidup yang sehat? Jika tidak, maka wajar saja kalau kamu terlambat datang bulan. Gaya hidup yang tidak sehat dapat dilihat dari pola makan yang tidak teratur, pola tidur yang tidak teratur juga, jarang berolahraga, tidak menjaga kesehatan tubuh dan lain sebagainya. Karena itu sebaiknya kamu memulai gaya hidup sehat dari sekarang. Manfaatnya tak hanya akan membuat siklus haid kamu normal setiap bulannya. Namun juga sangat baik bagi kesehatan kamu.

Nah, dari ulasan di atas, hal apakah yang sering kali membuat kamu terlambat datang bulan? Sudah kenal dengan penyebabnya, berarti kamu juga sudah punya solusi agar tidak terlambat haid lagi!

Nur Insana Imaniar

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago