hijab, model
Model hijab.(Credit: Sister Hijab)

Panduan Cara Memakai Hijab yang Benar dan Sesuai

Diposting pada

Bhataramedia.com – Hijab akhir-akhir ini semakin diminati oleh semua kalangan perempuan muslimah. Salah satu penyebabnya yakni perkembangan mode hijab yang modern dengan beragam bentuk dan model yang cantik. Sehingga tak heran banyak orang yang mulai merasa tertarik untuk mengenakan hijab.

Namun sayangnya, ketertarikan mereka menggunakan hijab tidak diimbangi dengan informasi bermanfaat seputar hijab. Sehingga sering kali diantara mereka yang melakukan berbagai kesalahan dalam menggunakan hijab. Penampilan berhijab mereka pun menjadi terkesan memaksakan dan berantakan. Karenanya ketahui terlebih dahulu tips-tips di bawah ini sebelum berhijab.

1. Pakaian

Berhijab bukan hanya memperhatikan hijabnya saja. Namun juga harus memperhatikan pakaiannya. Tapi, kebanyakan dari mereka yang berhijab terkesan asal-asalan dalam memilih pakaian. Misalnya saja masih mengenakan kaos pendek yang dipadukan dengan manset. Atau masih mengenakan celana dan baju yang ketat dan membungkus tubuh mereka. Padahal seseorang yang berhijab terasa kurang cocok dengan pakaian seperti itu. Karenanya persiapkan pula pakaian yang menutup aurat dan tidak ketat saat memutuskan untuk berhijab.

Selain itu, perhatikan warna pakaian yang dikenakan agar tidak bertabrakan dengan warna hijab. Misalnya saja dengan menyesuaikan warna hijab dengan warna pakaian. Jika mengenakan pakaian bercorak atau bermotif sebaiknya mengenakan hijab yang polos saja.

2. Dalaman Hijab

Dalaman hijab menjadi hal lainnya yang perlu diperhatikan saat berhijab. Masih banyak perempuan yang tidak mengenakan dalaman ini. Padahal dalaman penting untuk membuat hijab yang dikenakan tetap rapi dan agar rambut tidak terlihat tetapi rapi terbungkus dalaman. Sesuaikan warna dalaman hijab dengan hijab yang dipakai. Agar tidak rumit, sebaiknya memilih warna dalaman yang netral sehingga serasi bila dipasangkan dengan warna hijab apa pun.

3. Model Hijab

Model hijab saat ini sangat beragam dan banyak sekali. Sesuaikan model hijab yang akan dikenakan dengan aktivitas yang akan dilakukan. Misalnya bila ingin pergi ke pesta pernikahan carilah model hijab yang cocok untuk suasana pesta. Gunakan internet untuk berselancar mencari tutorial model hijab yang dibutuhkan.