lidah buaya
Lidah buaya.(Credit: fir0002, via Wikimedia Commons)

Hati-hati Efek Samping Lidah Buaya

Diposting pada

Bhataramedia.com –┬áLidah buaya terkenal dengan beragam khasiatnya. Lidah buaya umumnya dimanfaatkan untuk perawatan. Seperti untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Namun tak banyak yang tahu efek samping yang ditimbulkan oleh lidah buaya. Mari kenali efek samping lidah buaya di bawah ini, agar berhati-hati dalam menggunakan lidah buaya.

1. Alergi

Lidah buaya ternyata mengandung zat alergan yang tak baik bagi mereka pengidap alergi terhadap tanaman yang termasuk keluarga lily. Adapun reaksi yang dapat ditimbulkan oleh lidah buaya bagi pengidap alergi berupa gatal-gatal, iritasi pada kulit, kram pada bagian tubuh tertentu dan dapat menyebabkan diare.

Karena reaksi alergi yang ditimbulkan cukup serius, para pengidap alergi ini harus berhati-hati terhadap lidah buaya. Apalagi lidah buaya ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan suatu produk tertentu. Terutama sekali digunakan pada produk perawatan kecantikan seperti shampo untuk rambut. Baca kemasan produk dengan teliti sebelum membeli, jika terdapat kandungan lidah buaya sebaiknya tidak usah membeli produk tersebut.

2. Gula Darah

Menurut Mayo Clinic dan website Flora, lidah buaya dapat berpengaruh pada ketidakseimbangan gula darah bila lidah buaya ini dikonsumsi secara langsung. Misalnya saja mengkonsumsi produk makanan yang terbuat dari olahan lidah buaya atau obat-obatan yang memiliki kandungan lidah buaya di dalamnya.

Karena efek sampingnya ini, penderita diabetes tidak diperbolehkan mengkonsumsi lidah buaya secara langsung. Kecuali, jika berada dipengawasan tenaga medis profesional. Lidah buaya juga tidak baik dikomsumsi karena adanya kontradiksi dengan beragam obat-obatan untuk penderita diabetes.

3. Kematian

Efek samping serius dan menakutkan dari lidah buaya adalah dapat menyebabkan kematian. Hal ini terjadi apabila mengkonsumsi lidah buaya secara langsung dalam jumlah yang berlebih. Yakni mengkonsumsi dosis toksis lidah buaya yang lebih dari 1 gram per harinya dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan menyebabkan diare berdarah. Jika hal tersebut tidak segera ditangani dengan baik, maka resiko kematian mungkin saja terjadi. Pernyataan mengejutkan ini dilansir oleh Mayo Clinik dan website Flora.