Marak Penipuan di Penerimaan Mahasiswa Baru, Masyarakat Diminta Waspada. (Credit: ugm.ac.id)
Marak Penipuan di Penerimaan Mahasiswa Baru, Masyarakat Diminta Waspada. (Credit: ugm.ac.id)

Waspada Penipuan Berkedok Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru

Diposting pada

Bhataramedia.com – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak lama lagi akan diumumkan hasilnya. Calon mahasiswa yang sudah mendaftar di perguruan tinggi favoritnya pasti tengah was-was menunggu hasil pengumuman ini. Kekhawatiran tidak lulus seleksi dimanfaatkan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka memungut sejumlah uang dalam nominal yang cukup besar dengan janji jaminan masuk perguruan tinggi negeri yang diinginkan korban. Banyak korban yang terjerat kasus penipuan seperti ini.

Menurut Dr. Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih selaku Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM kasus penipuan seperti ini marak terjadi setiap tahunnya.”Demikian pula tahun ini, upaya-upaya penipuan sudah mulai nampak dilakukan. Oleh karena itu, saya menghimbau agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan,” jelas Peni, seperti dilansir laman resmi UGM (06/05/2015).

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dan terfavorit, kasus penipuan yang mengatasnamakan UGM pun tak dapat dihindari. Seperti laporan kasus penipuan yang diterima oleh Peni baru-baru ini. “Ada yang menawarkan jaminan pasti diterima di UGM. Bahkan salah satu orang tua siswa di Lampung ada yang ditawari jaminan masuk ke Fakultas Kedokteran UGM dengan biaya ratusan juta,” tutur Peni.

Menurut Peni, modus yang paling banyak dipakai oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab yang melakukan penipuan yakni modus dengan berkedok sebagai seorang panitia penerimaan mahasiswa baru dari salah satu PTN. Karenanya Peni meminta masyarakat lebih berhati-hati dan waspada terhadap kasus penipuan seperti ini.

Salah satu cara agar terhindar dari kasus penipuan ini yakni mencari informasi mengenai SNMPTN dengan cara mengakses website resminya yakni http://snmptn.ac.id dan untuk SBMPTN http://sbmptn.or.id. Jika ingin memperoleh informasi seleksi dari perguruan tinggi negeri yang dituju maka akses langsung website resmi dari perguruan tinggi tersebut. Untuk informasi seleksi resmi dari UGM dapat diakses langsung pada laman http://um.ugm.ac.id.

“Jika mendapatkan informasi yang berbeda dari informasi di laman-laman tersebut harus disikapi dengan hati-hati. Kalau ragu-ragu lebih baik menghubungi panitia seleksi di jalur komunikasi yang telah dicantumkan di halaman resmi,” jelas Peni.

Jika informasi dari laman-laman tersebut masih kurang jelas, maka carilah kontak telepon resmi dari perguruan tinggi yang dituju, Untuk kontak resmi UGM bisa menghubungi nomor +62 274 551222, 6491808, 6491888, dan 6492116. Kalau dirasa masih kurang cukup informasinya, sebaiknya datangi langsung kantor atau lokasi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi yang diinginkan. UGM sendiri memiliki kantor penerimaan mahasiswa baru di Jl. Pancasila, Bulaksumur, Yogyakarta.