Si Manis Melon Hikapel Dari UGM

Melon Hikapel. (Credit: ugm.ac.id)

Bhataramedia.com – Buah melon adalah salah satu jenis buah-buahan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Cucumis Melo L. ini memiliki daging buah yang rasanya manis dan aroma khasnya yang harum. Tak heran bila buah melon banyak disukai oleh masyarakat.

Bagi masyarakat disekitar daerah Yogyakarta tak usah repot-repot mencari buah melon berkualitas. Hal ini karena Kebun Penelitian, Pendidikan, dan Pengembangan (KP4) milik UGM tengah panen buah melon. Buah melon yang dikelola oleh UGM ini berbeda dengan buah melon pada umumnya. Terutama sekali pada bagian permukaan kulit buah melon. Jika buah melon pada umumnya memiliki permukaan kulit buah yang kasar dan memiliki pola yang khas. Sedangkan buah melon UGM memiliki permukaan yang halus dan mulus seperti buah apel. Sehingga buah melon UGM ini disebut juga dengan nama buah melon Hikapel. Namun warna kulit buah melon ini tetap seperti buah melon pada umumnya yakni berwarna kuning. Sedangkan dari segi rasa, buah melon Hikapel ini rasanya lebih manis dan daging buahnya pun lebih berwarna orange, berbeda dengan buah melon biasa yang berwarna hijau. Buah ini mengandung senyawa beta karoten, vitamin C dan beberapa mineral. Beta karoten telah diketahui sangat berguna untuk kesehatan mata dan anti kanker.

Tak usah heran, karena buah melon dari UGM adalah hasil uji akhir multilokasi dari pengembangan riset yang dilakukan oleh tim Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. Pengembangan riset ini sendiri didanai oleh Riset Produksi (Rispro) Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tahun 2014-2016.

Sebelum panen, Budi mengaku merasa khawatir dengan curah hujan yang tinggi sejak bulan Februari sampai april lalu. Curah hujan yang tinggi bisa mempengaruhi kualitas dari buah melon Hikapel. “Awalnya kami memprediksi penanaman melon kali ini akan terhindar dari hujan sehingga dapat menekan factor perusak tanaman terutamaserangan lalat buah. Syukurlah melon kondisinya baik meskipun terkena hujan,” kata Budi, seperti dikutip dari website resmi UGM (06/05/2015).

Menurut Budi, buah melon Hikapel ini layak menjadi buah unggulan dari Indonesia yang berkualitas ekspor. “Kondisinya layak untuk dikonsumsi bahkan ekspor,”tutur Budi. Karenanya tim riset Budi tengah berusaha menggandeng investor yang akan membantu mengembangkan produksi buah melon Hikapel ini serta membantu pula dalam memasarkan buah melon Hikapel kebanggaan UGM ini.

You May Also Like