Media Populer Pengaruhi Pilihan Cara Melahirkan

ibu hamil, kehamilan

Bhataramedia.com – Majalah wanita ternyata mempengaruhi apakah seorang wanita memutuskan untuk melahirkan secara alami atau tidak.

Para peneliti dari Monash University dan Queensland University of Technology telah mempelajari bagaimana media populer mempengaruhi pilihan wanita untuk melahirkan.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Women & Health tersebut, khusus ditujukan untuk menilai efek mengkomunikasikan manfaat lebih dari kelahiran alami (misalnya, tidak ada intervensi medis seperti epidural atau operasi caesar).

Kate Young, ketua peneliti dari Monash School of Public Health dan Preventive Medicine, mengatakan bahwa media populer memberikan informasi yang bias mengenai manfaat dari intervensi medis, bahkan di dalam kelahiran yang berisiko rendah, meskipun ada bukti yang mengarah pada pencegahan kematian ibu dan bayi.

“Kami ingin melihat bagaimana keputusan wanita kemungkinan dipengaruhi oleh mengkomunikasikan manfaat alternatif dari kelahiran alami,” kata Ms. Young.

Para peneliti mensurvei wanita berusia 18 sampai 35 tahun  yang belum pernah melahirkan, dan memberi mereka artikel majalah yang mempromosikan manfaat dari kelahiran alami.

“Harapan dan sikap wanita mengenai kelahiran, dibentuk oleh berbagai sumber informasi jauh sebelum mereka hamil, dengan salah satu yang paling populer berupa media dan khususnya, majalah,” kata Ms. Young.

“Kami menemukan bahwa wanita yang membaca sebuah artikel majalah yang mendukung melahirkan tanpa intervensi medis, lebih mungkin untuk mengubah niat mereka menuju arah memiliki kelahiran yang lebih alami,” lanjut Ms. Young, seperti dilansir Monash University (07/05/2015).

Ms. Young mengatakan bahwa temuan ini dapat memberikan dukungan awal untuk strategi komunikasi sosial yang dapat mengimbangi bias informasi mengenai kelahiran tidak alami, yang dapat berkontribusi untuk mengurangi tarif dan bahaya intervensi medis yang tidak perlu bagi wanita yang memiliki bayi.

Referensi :

Kate Young, Yvette D. Miller. Keeping it Natural: Does Persuasive Magazine Content Have an Effect on Young Women’s Intentions for Birth? Women & Health, 2015; 55 (4): 447 DOI: 10.1080/03630242.2015.1022690.

You May Also Like