Upacara Bendera Peringati HARDIKNAS. (Credit: unpad.ac.id)
Upacara Bendera Peringati HARDIKNAS. (Credit: unpad.ac.id)

Unpad Selengarakan Upacara Bendera Peringati HARDIKNAS

Diposting pada

Bhataramedia.com – Pendidikan merupakan suatu bentuk kemewahan yang tak bisa dinikmati oleh setiap orang. Banyak sekali anak-anak di negeri ini yang tak bisa mengecap bangku sekolah. Faktor utama adalah faktor ekonomi yang membuat mereka tak dapat bersekolah. Namun, jauh sebelum itu terjadi di zaman penjajahan malah lebih sulit lagi untuk bisa bersekolah. Hanya kaum elit saja yang dapat bersekolah pada masa penjajahan. Karenanya penghargaan terhadap jasa pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan terhadap negara ini harus dijunjung tinggi. Seperti pahlawan pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang berjasa dalam bidang pendidikan di Indonesia. Tak heran bila pemerintah menetapkan tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Hari Pendidikan Nasional ini jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Berbagai kegiatan yang ditujukan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional ini pun sering diadakan. Terutama sekali di lembaga-lembaga pendidikan. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Padjadjaran yang melakukan kegiatan upacara bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Upacara bendera ini berlangsung tepat pada Sabtu (02/05) bertempat di halaman Gedung Rektorat kampus Unpad Jatinangor. Upacara bendera yang dihadiri oleh para civitas kampus Unpad ini dipimpin langsung oleh Rektor Unpad Prof. Dr. med Tri Hanggono Achmad, dr. dan dimulai pada pukul 07.30.

Pada kegiatan upacara bendera ini, Rektor Unpad membacakan pidato dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, sebentar lagi Masyarakat Ekonomi Asean akan mulai diberlakukan. Aliran barang, tenaga kerja terampil, dan investasi antar negara ASEAN menjadi lebih bebas. Di sisi lain tuntutan masyarakat terhadap perguruan tinggi meningkat, untuk itu betapa pentingnya sekarang ini meningkatkan mutu pendidikan tinggi, riset dan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa”, tutur Tri Hanggono. Seperti dikutip dari website resmi Unpad (03/05/2015).

Selain itu, Tri Hanggono menuturkan bahwa perguruan tinggi seperti Unpad ini bisa meningkatkan pendidikan di Indonesia melalui mencetak lulusan yang memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai dengan kriteria yang diperlukan oleh lapangan pekerjaan. Kemudian, melalui penciptaan berbagai inovasi yang bermanfaat secara ekonomis bagi masyarakat luas.