lomba debat, UGM
44 Tim Ikuti Kompetisi Debat Mahasiswa UGM.(Credit: Universitas Gadjah Mada)

UGM Gelar Lomba Debat Mahasiswa

Diposting pada

Bhataramedia.com – UGM menyelenggarakan lomba debat untuk mahasiswa-mahasiswinya. Lomba debat ini diberi nama “Sasana Debat Mahasiswa” atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Sadewa. Pada Sabtu (04/04) bertempat di gedung Graha Pramana UGM acara lomba ini dibuka secara resmi.

Untuk tahun ini sekitar empat puluh empat tim mengikuti lomba debat yang akan berlangsung sampai bulan Juni yang akan datang. Keempat puluh empat tim tersebut terbagi lagi atas dua kategori. Yaitu untuk kategori bahasa Indonesia terdiri atas tiga puluh tiga tim. Sedangkan untuk kategori bahasa Inggris terdiri atas sebelas tim.
Wahyu Sujarwo,S.IP., selaku Kepala Subdirektorat Pengembangan Karakter Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM menjelaskan mengenai tahapan perlombaan debat ini. Keempat puluh tim yang mengikuti lomba debat ini harus menghadapi sembilan tahapan seleksi dalam perlombaan debat terlebih dahulu. Sembilan tahapan seleksi dalam perlombaan debat ini akan dimulai pada tanggal 11 April 2011 mendatang. Adapun bentuk tahapan seleksi ini yakni berupa roadshow yang akan dilakukan dibeberapa fakultas yang ada di UGM ini pada setiap Sabtu dan Minggu.

“Kegiatan dilaksanakan semi formal dengan konsep debat parlemen Asia. Tim pro dan tim kontra akan beradu argumentasi terhadap mosi yang telah ditentukan panitia” tutur Wahyu, seperti dikutip dari website resmi UGM (06/04/2015).

Salah satu tahapan pertama dalam seleksi perlombaan debat ini yaitu setiap tim harus membuat sebuah tulisan yang isinya memberikan kritik terhadap kebijakan pemerintahan Jokowi-JK. Tim yang lulus pada setiap tahapan seleksi ini, nantinya akan dikompetisikan dengan tim yang lainnya. Akhirnya akan tersaring empat tim terbaik dari masing-masing kategori yang diperlombakan. “Empat tim terbaik akan tampil berdebat di final pada 6 Juni depan”tutur Wahyu.

Sementara itu, Dr.drs.Senawi,M.P., selaku Direktur Kemahasiswaan UGM menjelaskan mengenai manfaat atas terselenggaranya lomba debat ini. “Debat merupakan salah satu cara untuk melatih keberanian dan aktualisasi diri bahwa mahasiswa juga mampu menjadi solusi terhadap permasalahan bangsa,”jelas Senawi. Selain itu, Senawi juga mengungkapkan harapannya terhadap lomba debat ini. “Harapannya dari kegiatan ini bisa menghasilkan kontribusi menyiapkan lulusan yang unggul dan berkualitas mampu tampil sebagai pemimpin masa depan,” tambah Senawi.