Gen Penekan Tumor, PAR 3, Ditemukan Tidak Aktif pada Kanker Paru-Paru

protein PARD3

Bhataramedia.com – Para peneliti di Genes and Cancer group at Bellvitge Biomedical Research Institute (IDIBELL), yang dipimpin oleh Montse Sanchez-Cespedes, telah mengidentifikasi gen PARD3 sebagai penekan tumor (tumor suppressor) yang tidak aktif pada kanker paru-paru jenis skuamosa. Hasil penelitian telah dipublikasikan di jurnal Cancer Research.

Polarisasi yang tepat (orientasi di dalam ruang) dari sel epitel bronkus sangat penting untuk pemeliharaan dan pengembangan yang tepat dari jaringan ini di dalam kondisi normal.

Dilansir IDIBELL-Bellvitge Biomedical Research Institute (14/04/2015), gen PARD3 mengkode protein yang mengatur polarisasi sel dan persimpangan sel. Pada saat gen ini tidak aktif, kesalahan terjadi di dalam orientasi sel dan kontak dengan sel tetangga. “Setiap perubahan yang mempengaruhi struktur ini mendorong perkembangan tumor,” kata peneliti Montse Sanchez-Cespedes.

Invasi dan Metastasis Tumor

Dengan mengembalikan protein yang dikode oleh gen PARD3 pada model hewan tikus, kami mengamati bahwa dengan mengatur polarisasi de novo dari sel, secara signifikan mengurangi risiko metastasis.

Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah salah satu tumor yang memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi di seluruh dunia. Di Spanyol saja, setiap tahun sekitar 20.000 orang meninggal akibat kanker paru-paru. Tingkat kematian yang tinggi terutama karena keterlambatan diagnosis penyakit, ketika sudah di dalam stadium lanjut.

Deteksi yang terlambat dan kurangnya terapi yang efektif membuat kemungkinan hidup pasien dengan kanker paru-paru sangat rendah. Secara keseluruhan, hanya 10% dan 15% dari pasien bertahan hidup lebih dari lima tahun setelah deteksi. Asal usul lebih dari 80% kasus kanker paru-paru adalah konsumsi tembakau. Kanker paru skuamosa dan jenis adenokarsinoma paru-paru adalah dua jenis yang paling umum dari tumor paru-paru.

Referensi : 

E. Bonastre, S. Verdura, I. Zondervan, F. Facchinetti, S. Lantuejoul, M. D. Chiara, J. P. Rodrigo, J. Carretero, E. Condom, A. Vidal, D. Sidransky, A. Villanueva, L. Roz, E. Brambilla, S. Savola, M. Sanchez-Cespedes. PARD3 Inactivation in Lung Squamous Cell Carcinomas Impairs STAT3 and Promotes Malignant Invasion. Cancer Research, 2015; 75 (7): 1287 DOI: 10.1158/0008-5472.CAN-14-2444.

You May Also Like