Categories: Environment

Meteorit, Kunci Pembentukan Lapisan Bumi

Bhataramedia.com – Suatu analisis baru dari susunan kimiawi meteorit telah membantu para ilmuwan untuk mengetahui kapan Bumi membentuk lapisannya.

Penelitian oleh tim ilmuwan internasional tersebut, telah mengkonfirmasi kerak bumi yang pertama kali terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Tim peneliti telah mengukur jumlah elemen langka, hafnium dan lutetium, di dalam mineral zirkon pada meteorit yang berasal di awal tata surya.

“Meteorit yang mengandung zircon sangat langka. Kami telah mencari meteorit tua dengan ukuran zircon yang besar, sekitar panjang 50 mikron, yang mengandung cukup hafnium untuk analisis yang tepat,” kata Dr. Yuri Amelin, dari Australian National University (ANU) Research School of Earth Sciences.

“Kebetulan kami menemukan satu yang dijual dari dealer dan tepat seperti apa yang kita inginkan. Kami percaya meteorit ini berasal dari asteroid Vesta, menyusul tumbukan besar yang mengirim fragmen batuan ini ke bumi.”

Panas dan tekanan di bagian dalam bumi mencampur komposisi kimia dari lapisannya selama miliaran tahun, batu lebih padat akan tenggelam dan mineral yang kurang padat naik menuju permukaan, proses yang dikenal sebagai diferensiasi.

Related Post

“Menentukan bagaimana dan kapan lapisan terbentuk, bergantung pada mengetahui komposisi bahan asli yang dibentuk menjadi Bumi, sebelum diferensiasi,” kata Dr. Amelin.

“Meteorit adalah sisa-sisa dari materi asli yang membentuk semua planet.Tetapi meteori tidak punya kekuatan skala planet yang mengubah komposisi mereka sepanjang lima miliar tahun mengorbit matahari,” katanya, seperti dilansir Australian National University (13/04/2015).

Tim peneliti secara akurat mengukur rasio isotop hafnium-176 dan hafnium-177 di dalam meteorit tersebut, untuk memberikan titik awal dari komposisi bumi.

Tim kemudian dapat membandingkan hasilnya dengan batuan tertua di Bumi dan menemukan bahwa komposisi kimia telah berubah. Hal ini membuktikan bahwa kerak sudah terbentuk di permukaan bumi sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Referensi :

Tsuyoshi Iizuka, Takao Yamaguchi, Yuki Hibiya, and Yuri Amelin. Meteorite zircon constraints on the bulk Lu−Hf isotope composition and early differentiation of the Earth. PNAS, April 13, 2015 DOI: 10.1073/pnas.1501658112.

Sudarmono Ahmad Tahir

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago