wirausaha, seminar
Seminar kewirausahaan yang diselenggarakan di ITB.(CRedit: ITB)

ITB Selenggarakan Seminar Nasional Bertema “Gerakan Kewirausahaan Nasional 2015”

Diposting pada

Bhataramedia.com – Pada Kamis (05/03/2015), ITB gelar acara seminar nasional yang bertajuk “Gerakan Kewirausahaan Nasional 2015”. ITB juga mengajak Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia serta perusahaan perusahaan International Business Machine (IBM) untuk bekerjasama dalam menyelenggarakan acara seminar nasional tersebut. Kedua pihak yang diajak kerjasama tersebut juga menjadi pembicara dalam acara seminar nasional ini.

Acara seminar nasional ini dibuka dengan pidato dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB yakni Prof. Bermawi Priyatna Iskandar. Lalu, Direktur Corporate Social Responsibility (CSR) IBM Indonesia yaitu Santi Diansari Sarino. Prof. Bermawi turut memberikan kata sambutannya. Kemudian, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga sebagai Menteri Koperasi dan UKM juga menyampaikan pidatonya dan membuka acara seminar nasional yang berlangsung di Aula Barat kampus ITB ini secara resmi.

Dalam kata sambutannya, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyampaikan beberapa poin penting yang berkaitan dengan tema yang diangkat dalam seminar nasional ini. “Kalau pertumbuhan ekonomi naik tanpa dibarengi pemerataan pendapatan, maka kita akan merugi karena artinya ekonomi kita hanya bertumpu di daerah-daerah tertentu dan dinikmati oleh sebagian orang saja. Oleh karena itu, koperasi dan UKM memegang peran penting. Dengan menaik kelaskan UKM, maka kita akan bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan peningkatan kesejahteraan rakyat yang merata,” tutur Puspayoga, seperti dilansir website resmi ITB (05/03/2015).

Selanjutnya acara seminar nasional ini berlangsung atas dua sesi diskusi. Pada sesi pertama, diisi oleh pembicara dari Santi Diansari  selaku Direktur CSR IBM, Prakoso Budi Susetyosebagai Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Kadin Hendy Setionoyang merupakan Ketua Komite dan Nurana Indah Paramitha yang menjabat Ketua HIPMI Bandung. Keempat pembicara tersebut berdiskusi seru seputar dunia kewirausahaan yang dapat berperan penting dalam memajukan perekonomian Indonesia dan sekaligus dalam pemerataan ekonomi di Indonesia.

Sedangkan sesi kedua diisi oleh tim IBM CorporateService Corps (CSC) yang menyampaikan materi mengenai manfaat teknologi dalam membantu dalam bidang bisnis. “Di era teknologi saat ini kita harus menggunakan teknologi untuk memudahkan bisnis kita. Harapannya, semoga apa yang kita bagikan hari ini bisa mendorong terciptanya pengusaha-pengusaha pemula bagi Indonesia,” tutur Santi saat menyampaikan materinya.

Acara seminar nasional ini bukan seperti seminar pada umumnya. Namun dalam acara seminar nasional ini juga diberikan pelatihan bagi para pelaku usaha, mahasiswa dan masyarakat umum yang hadir. Bahkan bagi mahasiswa ITB diadakan kompetisi untuk memenangkan uang sebesar 500 juta rupiah bagi yang memiliki bussines plan terbaik. Kompetisi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan pengusaha muda di Indonesia.