ITB Selenggarakan Pameran Produk dan Karya Inovasi

pameran, hasil riset, ITB

Bhataramedia.com – Memperingati hari jadi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang ke-56 tahun, ITB mengadakan acara pameran produk dan karya inovasi. Acara pameran ini berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 2 dan 3 bulan Maret 2015 ini. Acara pameran yang berlangsung di Aula Timur kampus ITB ini diresmikan oleh Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA selaku rektor ITB.

Para pengunjung yang hadir diacara pameran ini dapat menikmati suguhan karya inovasi yang jumlahnya mencapai seratus lebih. Karya inovasi tersebut merupakan produk atau hasil riset dari perwakilan setiap fakultas di ITB dan juga merupakan hasil riset yang dilakukan oleh lembaga penelitian yang ada dilingkungan kampus ITB.

Para pengunjung yang datang pun tak usah bingung dalam membedakan produk dan karya inovasi hasil riset dari fakultas atau dari lembaga penelitian. Karena letak dari produk dan karya inovasi hasil riset dari fakultas dan dari lembaga penelitian berada di booth yang berbeda-beda di aula Timur kampus ITB ini. Untuk produk dan karya inovasi hasil riset dari fakultas terdapat di dua belas booth. Sedangkan produk dan karya inovasi hasil riset dari lembaga penelitian terdapat di tiga belas booth.

Pengunjung pameran yang mendatangi booth-booth produk dan karya inovasi hasil riset dari setiap fakultas ITB akan menemui beragam hal yang menakjubkan. Seperti dikutip dari website resmi ITB (04/03/2015) berikut ini. Yakni produk dan karya invasi seperti Prototype Sistem Peringatan Dini Tanah Longsor (Dr. Ir. Irdam Adil, M.T, FITB), Nanocoating Tiang Pancang Beton (Prof. Dr. Eng. Mikrajuddin Abdullah, FMIPA), Kedutaan Masalah Dunia (Dr. Tisna Sanjaya, M.Sch, FSRD), Sistem Pemantau Kualitas Udara dan Air Secara Real Time (Brian Yuliarto, ST., M.Eng., Ph.D, FTI), Pengembangan Sistem Perancangan Crash Box Untuk Meningkatkan Keselamatan Alat Transportasi (Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra, FTMD).

Micro Algae Based Adsorbent (Dr. Ir. Edwan Kardena; Dr. Qomarudin Helmy, FTSL), Teknologi 4D Microgravity Untuk Eksplorasi dan Monitoring (Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, FTTM), Konsep Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Metropolitan dan Pusat Pertumbuhan di Jawa Barat (Ir. Johnny Patta, MURP, Ph.D, SAPPK), Spring Fling Bags (Maple Company, Mahasiswa SBM), Senyawa Marker dari Tumbuhan Obat untuk Standardisasi Obat Herbal (Dr. Elfahmi, SF), Limnonectes Larvaepartus: Spesies Baru Katak yang Melahirkan Kecebong (Prof. Djoko T. Iskandar, SITH) dan NIVA: Perangkat Deteksi Dini Penyakit Vaskuler (Prof. Dr. Ir. Tati R. Mengko, STEI).

You May Also Like