Undip Berangkatkan Mahasiswanya ke Konferensi Lingkungan di Seoul

Undip Berangkatkan Mahasiswanya ke Konferensi Lingkungan di Seoul. (Credit: undip.ac.id)

Bhataramedia.com – Isu permasalahan lingkungan merupakan salah satu isu yang selalu ramai untuk diperbincangkan karena berkaitan dengan kelangsungan hidup manusia. Secara sederhananya, jika lingkungan sehat maka akan berbanding lurus dengan kesehatan manusia.

Kepedulian akan lingkungan dapat diwujudkan melalui hal yang terkecil sekalipun, misalnya seperti membuang sampah pada tempatnya yang dapat dilakukan mulai dari lingkungan terdekat, seperti dilingkungan kampus. Kepedulian akan lingkungan inilah yang menjadi latarbelakang Universitas Dipenogoro serius mengaplikasikan program kampus berwawasan lingkungan. Hingga akhirnya Universitas Diponegoro menduduki peringkat tiga sebagai kampus berwawasan lingkungan di Indonesia dan peringkat empat puluh tujuh di dunia.

Tak hanya dari segi prakteknya saja, Universitas Diponegoro pun mengirimkan perwakilan mahasiswanya untuk mengikuti konferensi lingkungan yang akan berlangsung pada tanggal sepuluh dan sebelas maret 2015 ini. Konferensi lingkungan yang diikuti oleh mahasiswa dari se-Asia-Pasifik dan diadakan di Hanyang University, kota Seoul, Korea Selatan.

Untuk mendukung mahasiswa yang mengikuti konferensi lingkungan hidup ini, diadakan acara pelepasan sederhana pada Senin (02/03/2015) di kampus Undip. Empat mahasiswa Undip yang diberangkatkan akan ikut berpartisipasi dalam kompetensi jurnal ilmiah pada konferensi lingkungan ini. Jurnal ilmiah atau paper yang akan dipresentasikan oleh mahasiswa Undip ini berjudul Assesing Campus Sustainabity : A Report From Diponegoro University, Indonesia. Paper yang telah dipresentasikan akan diberi penilaian untuk memperebutkan gelar Best Paper dan Best Presentation.

Susatyo NWP, Staf Ahli Pembantu Dekan III Fakultas Teknik di Undip menjelaskan lebih lanjut.“Seluruh paper yang dipresentasikan pada konferensi internasional ini akan dipublikasikan pada International Journal of Information and Education Technology (IJIET, ISSN: 2010-3689, DOI: 10.7763/IJIET), terindeks oleh EI (INSPEC, IET), Cabell’s Directories, DOAJ, Electronic Journals Library, Engineering & Technology Digital Library, EBSCO, Google Scholar, Crossref and ProQuest. Dan juga pada International Journal Of Inovation, Management and Technology (IJIMT, ISSN : 2010-0248) dan terindeks oleh EBSCO, WorldCat, Google Scholar, Cross ref, ProQuest , CABI” jelas Susanto, seperti dilansir diwebsite resmi Undip (02/03/2015).

Sedangkan Rektor Undip, Prof.Sudharto P Hadi yang melepas keberangkatan mahasiswanya berharap supaya mahasiswanya mampu memanfaatkan kesempatan yang berlangsung pada konferensi lingkungan di Seoul ini untuk mengembangkan wawasan, memperluas pergaulan dan saling bertukar pikiran dengan mahasiswa lainnya mengenai isu permasalahan lingkungan ini.

You May Also Like