Categories: Lifestyle

Gaya Hidup Materialistis Tidak Membuat Kita Bahagia

Bhataramedia.com – Gaya hidup modern yang kita lakukan ternyata gagal untuk membuat kita bahagia, merusak kesehatan, tidak berkelanjutan dan membebani perekonomian secara keseluruhan.

Para peneliti di University of Essex, University of Exeter Medical School dan NHS Sustainable Development Unit telah menerbitkan penelitian di International Journal of Environmental Health dan Health Research yang menunjukkan bagaimana gaya hidup orang di Inggris membebani ekonomi secara keseluruhan sebesar £ 180.000.000.000 setiap tahun.

Mereka berpendapat bahwa mendorong gaya hidup dan perilaku yang berkelanjutan akan menguntungkan kesejahteraan individu dan perekonomian.

Penulis utama Profesor Jules Pretty, dari University of Essex, mengatakan : “Mendefinisikan apa yang kita anggap sebagai kemakmuran, mendorong konsumsi barang dan jasa yang ekonomis dan memprioritaskan konsumsi non-materi benar-benar dapat menghemat uang negara.

“Kita sekarang perlu memprioritaskan akumulasi efek positif pada kesejahteraan diseluruh aspek kehidupan bagi seluruh rakyat dengan membangun masyarakat yang lebih kuat, meningkatkan penggunaan ruang hijau dan makanan sehat, serta mempromosikan intervensi berbasis alam untuk bidang kesehatan,” lanjut profesor Pretty.

Related Post

“Ekonomi hijau dan prososial adalah ekonomi yang lebih baik. Hal ini juga dapat membantu menyelamatkan planet ini,” kata dia, seperti dilansir University of Essex (25/02/2015).

Tim peneliti telah melakukan analisis efek samping negatif dari pola konsumen yang sudah ada pada enam faktor penting yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Faktor-faktor ini adalah :

  1. Makan makanan sehat.
  2. Aktif secara fisik.
  3. Memiliki pikiran yang sehat.
  4. Memiliki hubungan baik dengan masyarakat dan keluarga.
  5. Kontak dengan alam dan ruang hijau / biru.
  6. Investasi pada sesuatu yang bermakna.

Di negara-negara kaya seperti Inggris, kesejahteraan rata-rata tidak meningkat meskipun Gross Domestic Product (GDP) telah tumbuh secara substansial. Sebagian dari masalah yang terjadi adalah setiap peningkatan positif di dalam kesejahteraan akibat kemakmuran ekonomi secara cepat terkikis oleh biaya substansial untuk cacat mental, demensia, obesitas, aktivitas fisik, diabetes, kesepian dan penyakit kardiovaskular (termasuk stroke ) yang mempengaruhi banyak orang.

Tim peneliti kini telah menghitung biaya kesehatan secara luas yang timbul akibat gaya hidup modern di Inggris. Biaya yang digunakan untuk cacat mental, demensia, obesitas, aktivitas fisik, diabetes, kesepian dan penyakit kardiovaskular (termasuk stroke) adalah £ 60.000.000.000 setiap tahun. Biaya penuh untuk keseluruhan ekonomi adalah sekitar £ 180.000.000.000 per tahun (18,6% dari GDP). Sebagai perbandingan, pengeluaran pendapatan tahunan dari 248 Trusts di dalam NHS adalah sekitar £ 100 miliar.

Rekan penulis, Profesor Michael Depledge dari University of Exeter, mengatakan: “Kami pikir ada kesempatan nyata di sini untuk meningkatkan kesehatan dan ekonomi. Sebuah pergerakan menuju pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang ramah lingkungan tidak hanya harus diperhitungkan, tetapi juga harus memprioritaskan manfaat kesejahteraan untuk individu. Hal ini akan membantu kita semua untuk hidup lebih lama, lebih sehat, serta memungkinkan kita untuk melindungi dan melestarikan lingkungan.”

Nailah Azka

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago