Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar

pertukaran pelajar

Bhataramedia.com – Program pertukaran pelajar yakni suatu program pendidikan yang memberikan kesempatan kepada pelajar-pelajar terpilih untuk mengecap ilmu di negara lain. Ada berbagai macam keuntungan yang diperoleh dari program pertukaran pelajar ini. Seperti yang dikutip dari Kompas.com (25/2/2015), keuntungan pertama dari program pertukaran pelajar ini yakni bisa mempelajari kebudayaan negara tempat menimba ilmu.

Seperti yang diungkapkan oleh Overseas Program Manager Binus University International, Rokoyah Andriani Amin. Yaya begitu panggilan akrabnya, mengatakan bahwa Universitas Bina Nusantara menerima lebih dari lima puluh orang mahasiswa asing dari berbagai negara untuk belajar dan bertukar tempat dengan mahasiswa Binus yang dikirim keluar negeri untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini. Melalui kesempatan ini mahasiswa asing yang belajar di Indonesia maupun mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri bisa saling berinteraksi, saling bertukar kebudayaan, saling mengenal dan belajar.

Selain itu, keuntungan yang dapat diperoleh dari program pertukaran pelajar ini yakni bisa memperluas jaringan. “Bayangkan, karena perkenalan dan kedekatan mereka saat program student exchange, para mahasiswa ini mungkin 10 tahun yang akan datang akan bertemu kembali. Urusan pertemuan di masa depan bisa saja bukan untuk reuni dan melepas rindu semata, tapi bisa jadi untuk tawaran berbisnis,” tutur Yaya.

Kemampuan bahasa Inggris yang meningkat, karena sering berinteraksi dengan mahasiswa asing pun menjadi keuntungan yang diperoleh oleh mahasiswa Indonesia dari program pertukaran pelajar ini. Bukan hanya untuk mahasiswa Indonesia yang dikirim keluar negeri saja yang akan meningkat kemampuan bahasa Inggrisnya. Namun mahasiswa Indonesia yang berkuliah di perguruan tinggi yang menerima mahasiswa asing tentu akan membuat para mahasiswa Indonesia tersebut berusaha untuk berinteraksi dengan baik. Salah satunya dengan giat mempelajari bahasa Inggris.

Bagi perguruan tinggi di dalam negeri yang memiliki program pertukaran pelajar ini menjadi keuntungan tersendiri. Karena secara tidak langsung nilai kredibilitas dan nilai tambah dari perguruan tinggi tersebut menjadi meningkat. Apalagi banyak sekali calon mahasiswa yang tertarik dengan program pertukaran pelajar ini. Tentunya akan memilih perguruan tinggi yang memiliki program pertukaran pelajar ini.

You May Also Like