Ilmuwan Gunakan Energi Surya untuk Tingkatkan Proses Desalinasi

Skema multi-stage flash desalinator. A - Steam in B - Seawater in C - Potable water out D - Waste out E - Steam out F - Heat exchange G - Condensation collection H - Brine heater (Image: Ruben Castelnuovo)

Bhataramedia.com – Sebuah proses baru untuk menguraikan limbah desalinasi air garam menggunakan energi surya, yang juga mampu menetralkan keasaman laut dan mengurangi dampak lingkungan, telah diusulkan oleh Aston University (Inggris) akademik.

Meskipun mengubah air laut asin menjadi air tawar sangat penting bagi populasi miskin, namun desalinasi memiliki jejak ekologi yang sangat merusak. Banyak pemerhati lingkungan melihatnya sebagai upaya terakhir untuk mengambil air tawar, namun akibat populasi yang berkembang pesat berarti hal ini menjadi satu-satunya pilihan yang layak. Jumlah air tawar yang dihasilkan oleh desalinasi diperkirakan dua kali lipat dalam dekade berikutnya untuk memenuhi permintaan global.

Dilansir Aston University (3/5/2015), Dr. Philip Davies, dari Aston’s School of Engineering and Applied Science, telah menyusun sebuah sistem yang menggunakan energi matahari yang dapat memungkinkan reaktor desalinasi untuk bertindak sebagai wastafel, daripada sumber karbon dioksida atmosfer, dan membantu untuk menetralkan keasaman laut.

Dalam model Dr. Davies, magnesium klorida di air laut limbah dihidrolisis oleh energi yang dihasilkan oleh bidang heliostat untuk menghasilkan magnesium oksida, yang selanjutnya dibuang ke laut. Karena sifat alkalinya, senyawa ini kemudian menetralkan keasaman laut dan secara bertahap menghilangkan karbondioksida melalui konversi magnesium oksida menjadi bikarbonat, mirip dengan pengapuran laut.

Meskipun pendekatan ini meningkatkan kebutuhan energi pabrik sebesar 50%, namun Dr. Davies telah menghitung bahwa peningkatan ini diimbangi oleh kapasitas penyerapan karbondioksida. Proses itu akan menghasilkan 0,4% dari emisi karbondioksida antropogenik yang diserap menjadi dua kali lipat dalam kapasitas desalinasi saat ini.

Dr. Philip Davies, mengatakan: “Menurunkan energi yang dibutuhkan untuk menguras air laut sebelum dekomposisi akan menjadi manfaat lingkungan utama Tidak banyak energi yang dibutuhkan untuk menguraikan magnesium klorida dalam air laut untuk menghasilkan magnesium oksida sehingga membuat penggunaan energi surya secara potensi sangat menarik. Jika kita bisa menemukan cara yang lebih baik untuk menguras air laut maka hal ini akan menjadi sangat hemat energi sebagai cara untuk menghindari emisi karbondioksida. ”

Di sisi lain, Davies mencatat bahwa pertumbuhan yang cepat dalam teknologi desalinasi juga memacu perkembangan yang bisa membuat proses dewatering (pengurasan) menjadi lebih mudah. “Ada banyak ide-ide baru yang datang terkait desalinasi, seperti perbaikan membran untuk membran distilasi dan elektrodialisis.”

Dia melanjutkan: “Karena desalinasi pada dasarnya adalah tentang memisahkan garam dari air, mungkin perkembangan ini akhirnya bisa digunakan untuk menghilangkan air dari air laut korosif yang keluar dari pabrik desalinasi dengan biaya energi yang relatif rendah.”

Referensi Jurnal :

P. A. Davies. Solar thermal decomposition of desalination reject brine for carbon dioxide removal and neutralisation of ocean acidity. Environ. Sci.: Water Res. Technol., 2015; DOI: 10.1039/C4EW00058G.

You May Also Like