Studi : Bermain Musik Cegah Penurunan Fungsi Otak

piano

Bhataramedia.com – Penelitian baru menunjukkan bahwa latihan musik di tahun yang lebih muda dapat mencegah penurunan mental di kemudian hari.

Menurut penelitian baru dari Kanada tersebut, orang dewasa berusia lebih tua yang memiliki pelatihan musik di masa muda mencetak nilai 20 persen lebih baik daripada rekan-rekan mereka yang non-musisi pada tes identifikasi pidato, suatu tes untuk ukuran fungsi kognitif. Mereka 20 persen lebih cepat di dalam mengidentifikasi suara pidato, manfaat yang sebelumnya telah diamati pada orang muda dengan pelatihan musik.

“Aktivitas musikal adalah bentuk menarik dari pelatihan kognitif otak dan kita sekarang melihat bukti yang kuat pada plastisitas otak terhadap pelatihan musik. Tidak hanya di otak yang lebih muda, namun juga di dalam otak yang lebih tua,” kata Gavin Bidelman, pemimpin penelitian yang diterbitkan di Journal Neuroscience. Penelitian ini membandingkan kemampuan dari 10 musisi dan 10 orang non-musisi.

“Di dalam penelitian, kami mampu memprediksi seberapa baik orang tua mengklasifikasikan atau mengidentifikasi pidato dengan menggunakan pencitraan otak. Kami melihat respon perilaku otak yang dua sampai tiga kali lebih baik pada otak musisi yang lebih tua dibandingkan dengan rekan-rekannya yang non-musisi. Dengan kata lain, otak musisi tua memberikan gambaran yang lebih rinci, bersih dan akurat dari sinyal suara, kemungkinan hal inilah yang membuat mereka jauh lebih sensitif dan lebih baik di dalam memahami pidato,” jelas Bidelman, seperti dilansir Rotman Research Institute (02/02/2015).

You May Also Like