Peptida Ikan Bantu Pertempuran Melawan Penyakit Kardiovaskular

protein DNA

Bhataramedia.com – Suatu tinjauan internasional utama mengenai peptida yang awalnya ditemukan pada ikan dan dapat digunakan di dalam pertempuran melawan penyakit kardiovaskular telah diterbitkan.

Profesor David Lambert dari Department of Cardiovascular Sciences, University of Leicester, berkontribusi terhadap review yang sebagian besar telah ditulis oleh International Union of Basic dan Clinical Pharmacology (IUPHAR). Mereka bekerja sama membuat literatur mengenai Urotensin II (UII), suatu peptida yang pertama kali diisolasi dari ikan teleostei.

UII mengaktifkan reseptor G protein-coupled yang disebut UT untuk mengatur sejumlah jalur sinyal, termasuk jalur kalsium intraselular. Menariknya, peptida ini dapat menyempitkan beberapa pembuluh darah namun melebarkan lainnya.

Review yang diterbitkan di jurnal Pharmacological Reviews tersebut, telah menunjukkan bahwa UII dapat memodulasi pengaturan yang luas dari berbagai kegiatan biologis meliputi sistem kardiovaskular, ginjal dan sistem saraf pusat.

“Kami telah bekerja pada peptida ini selama beberapa tahun. Peptida ini memiliki profil farmakologi yang sangat menarik dan memiliki potensi untuk digunakan di dalam pengobatan beberapa penyakit kardiovaskular,” kata Profesor Lambert, seperti dilansir University of Leicester (12/01/2014)

You May Also Like