Plum.
Plum.

Konsumsi Buah Plum Bantu Penurunan Berat Badan

Diposting pada

Bhataramedia.com РMemakan plum (buah persik atau prem) sebagai bagian dari diet mengontrol berat badan dapat meningkatkan penurunan berat badan. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool. Penelitian ini dipresentasikan di European Congress on Obesity in Sofia, Bulgaria.

Sebelumnya, konsumsi buah kering tidak dianjurkan selama penurunan berat badan meskipun ada bukti bahwa buah tersebut dapat meningkatkan perasaan kenyang.

Namun, sebuah studi oleh University’s Institute of Psychology, Health and Society telah melakukan penelitian terhadap 100 peserta yang memiliki diet rendah serat dam kelebihan berat badan serta obesitas untuk menguji apakah makan plum sebagai bagian dari diet penurunan berat badan membantu atau menghambat pengendalian berat badan selama 12 minggu.

Para peneliti juga memeriksa apakah peserta dengan diet rendah serat dapat mentolerir sejumlah besar konsumsi buah plum dalam diet mereka, dan apakah makan plum memiliki efek menguntungkan pada nafsu makan.

Untuk menilai efek dari plum terhadap berat badan dan nafsu makan, para peserta dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang makan plum setiap hari (140 g sehari untuk wanita dan 171 g per hari untuk pria) dan kelompok yang tidak diberi konsumsi buah plum, namun diberi rekomendasi untuk mengkonsumsi camilan sehat selama periode aktif penurunan berat badan.

Para peneliti menemukan bahwa anggota kelompok yang makan plum sebagai bagian dari diet gaya hidup sehat, mengalami pengurangan berat badan sebanyak 2 kg berat dan pengecilan ukuran lingkar pinggang sebanyak 2,5 cm. Namun, orang-orang dalam kelompok yang diberi rekomendasi untuk makanan ringan sehat hanya mengalami pengurangan berat badan sebanyak 1,5 kg dan pengecilan ukuran lingkar pinggang sebanyak 1,7 cm.

Studi ini juga menemukan bahwa peserta yang memakan buah plum akan mengalami penurunan berat badan lebih banyak selama empat minggu terakhir penelitian. Setelah delapan minggu, peserta pada kelompok yang mengkonsumsi buah plum menunjukkan peningkatan perasaan kenyang. Selain itu, meskipun dosis harian yang dikonsumsi tinggi, namun buah plum mampu ditoleransi dengan baik oleh tubuh.

Psikolog dari Liverpool, Dr. Jo Harrold yang memimpin penelitian, mengatakan : “Hasil studi ini adalah data pertama yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi plum sebagai bagian dari diet manajemen berat badan dapat menurunkan berat badan dan tidak ada efek samping negatif. Pada jangka panjang hal ini mungkin bermanfaat bagi pelaku diet sebab diet dengan buah plum dapat mengatasi rasa lapar dan memberikan efek kepuasan, dimana keduanya merupakan tantangan besar ketika Anda mencoba untuk mengontrol berat badan “

Profesor Jason Halford, Professor of Experimental Psychology and Director of the University’s Human Ingestive Behaviour Laboratory, menambahkan: “Mempertahankan pola diet sehat merupakan tantangan bagi kita. Meskipun saat ini telah tersedia buah dan sayuran segar, namun buah kering dapat memberikan tambahan yang berguna dan nyaman untuk diet, terutama karena mengendalikan nafsu makan selama diet bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. ” Tambahnya seperti dikutib dari laman¬†University of Liverpool (30/5/2014).