Memberi Makan Karang Muda Tingkatkan Kelangsungan Hidup Paska Transplantasi

terumbu karang.

Bhataramedia.com – Memberi makan karang muda (juvenil) sebelum ditransplantasi menjadi terumbu karang baru dapat meningkatkan kelangsungan hidup mereka. Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan tanggal 4 Juni 2014 di jurnal PLoS ONE yang dilakukan oleh Tai Chong Toh dari National University of Singapore dan rekan-rekannya.

Penurunan ekosistem terumbu karang secara global dan hilangnya ekosistem yang terkait telah mengharuskan kita untuk melakukan langkah-langkah intervensi dengan segera untuk mencoba membalikkan kerusakan lebih lanjut. Para ilmuwan telah berusaha untuk mengkolinisasi kembali terumbu karang yang rusak dengan transplantasi karang muda, tetapi kelangsungan hidup karang muda tetap rendah. Agar dapat mengetahui apakah dengan memberi makan karang muda untuk mencapai ukuran yang lebih besar akan meningkatkan ketahanan hidup paska transplantasi, karang-karang diberi makan dengan empat kelompok makanan yang berbeda (3600, 1800, 600 dan 0 nauplii / L) dua kali seminggu selama 24 minggu di dalam kolam pembibitan.

Para peneliti menemukan bahwa karang-karang yang diberi makan tumbuh lebih cepat dan lebih besar secara signifikan di laboratorium daripada karang yang tidak diberi makan. Karang muda yang diberi makanan dengan konsentrasi tertinggi (3600 nauplii / L) meningkat lebih dari 74 kali ukuran awal mereka. Setelah karang tersebut ditransplantasikan, karang yang diberikan makanan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang secara signifikan lebih tinggi daripada karang yang tidak diberi makanan.

Para penulis berpendapat bahwa peningkatan nutrisi dapat meningkatkan pertumbuhan karang dan kelangsungan hidup paska transplantasi. Metode ini merupakan pilihan ekonomis yang dapat digunakan untuk melengkapi prosedur transplantasi karang yang sudah ada dan meningkatkan hasil restorasi terumbu karang.

“Hasil penelitian ini telah menunjukkan pentingnya memberi makan karang muda sebagai tindakan tambahan untuk meningkatkan kelangsungan hidup transplantasi karang. Hal ini dapat diterapkan untuk budidaya dan upaya pemulihan,” pungkas Mr. Toh, seperti dilansir Science Daily (4/6/2014).

Referensi Jurnal :

Tai Chong Toh, Chin Soon Lionel Ng, Jia Wei Kassler Peh, Kok Ben Toh, Loke Ming Chou. Augmenting the Post-Transplantation Growth and Survivorship of Juvenile Scleractinian Corals via Nutritional Enhancement. PLoS ONE, 2014; 9 (6): e98529 DOI: 10.1371/journal.pone.0098529.

You May Also Like